Senin 06 Mar 2017 10:15 WIB

Yuk, Intip Kunjungan Raja Salman ke Empat Negara Teluk

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Bilal Ramadhan
Raja Salman
Foto: EPA/LINTAO ZHANG/POOL
Raja Salman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjaga dua masjid suci umat Islam, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud melakukan serangkaian tur ke negara-negara Asia 2017 ini. Raja Arab Saudi itu pada 2016 juga melakukan kunjungan ke empat Negara Teluk (Gulf Countries).

ROLers, berikut adalah suasana kemeriahan kunjungan Raja Salman United Arab Emirates (UAE), Qatar, Kuwait, dan Bahrain, dilansir dari Arab News, Senin (6/3).

1. UAE

Ini adalah kunjungan perdana Raja Salman ke UAE setelah naik tahta. Beliau dianugerahi gelar Order of Zayed yang merupakan penghargaan sipil tertinggi di al-Mushrif Palace, Abu Dhabi. Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan untuk Raja Salman akan peran pentingnya dalam memperkuat kerja sama dan persaudaraan antara kedua negara teluk tersebut dan negara-negara Arab pada umumnya.

Raja Salman sempat ikut melakukan gerakan tarian tradisional Arab dan mengunjungi sejumlah landmark budaya di sini. Video Raja Salman menari sempat menjadi viral di media sosial.

2. Qatar

Raja Salman disambut karpet merah begitu mendarat di Qatar. Beliau juga disambut dengan sebuah perayaan megah di Corniche, mulai dari perjamuan makan hingga menyaksikan pedang paling beharga miliki Bapak Bangsa Qatar, Sheikh Jassim.

Di Qatar, Raja Salman juga sempat melakukan tarian tradisional, Ardha saat dia beridri di samping Emir Qatar, Emir Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani.

3. Bahrain

Raja Salman hadir di Bahrain dalam rangka menghadiri Gulf Cooperation Council (GCC) Summit ke-37 dan Konferensi Tingkat Tinggi GCC-Inggris di mana beliau bertemu dengan Perdana Menteri Inggris, Theresa May. Ini adalah babak baru di mana Inggris bekerja sama dengan Negara Teluk dalam bentuk hubungan strategis, khususnya terkait keamanan internasional.

Penghargaan sipil tertinggi di Bahrain juga diberikan kepada Raja Salman, yaitu Order of Sheikh Isa bin Salman al-Khalifa. Raja Salman dan Raja Hamad bin Isa al-Khalifa berencana membangun jembatan baru yang akan menghubungkan Arab Saudi dan Bahrain di Laut Arab. Jembatan ini akan sejajar dengan King Fahad Causeway.

4. Kuwait

Raja Salman menyaksikan tontonan opera di Sheikh Jaber al-Ahmad Cultural Center bersama Emir Sheikh Sabah al-Ahmad al-Jaber.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement