Senin 06 Mar 2017 14:21 WIB

KTT IORA Padat Pemimpin Negara

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Menteri dan delegasi berfoto dalam Pertemuan Tingkat Menteri Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA) di Jakarta, Senin (6/3).
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Menteri dan delegasi berfoto dalam Pertemuan Tingkat Menteri Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA) di Jakarta, Senin (6/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association/Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA) dipadati pemimpin negara di wilayah Samudera Hindia, Senin (6/3). KTT tahun ini dihadiri sekitar 16 kepala negara dan delegasi.

Sejumlah kepala negara yang telah hadir di Jakarta diantaranya Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Dilansir kantor berita Afsel, SABC melaporkan negara-negara pesisir termasuk Afsel ingin menggunakan konferensi ini untuk meningkatkan potensi ekonomi.

KTT ini bertujuan meningkatkan potensi kawasan samudera Hindia untuk perekonomian. India akan diwakili oleh Wakil Presiden Hamid Ansari. Ia akan mengusung konektivitas, perdagangan terbuka maritim dan hak navigasi di konferensi ini.

Iran mengirimkan Menteri Luar Negeri, Mohammad Javad Zarif untuk menghadiri konferensi yang juga merayakan 20 tahun IORA. Dikutip NST, Delegasi Malaysia dipimpin langsung oleh Perdana Menteri Najib Razak.

Baca: Tiga Menteri Perempuan Pimpin PTM IORA

Ia juga dijadwalkan menghadiri sejumlah pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara. Selain membahas kerja sama kedua negara juga isu regional yang jadi kepentingan bersama.

Australia akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Julie Bishop. Ia ingin meneruskan kerja sama dalam penangkalan terorisme dan kekerasan ekstremisme. "Kami juga akan membicarakan bagaimana negara pesisir Samudera Hindia dapat bekerja sama memperkuat kesejateraan bersama," katanya dilansir siaran pers Kedubes Australia.

Ia menilai hal ini bisa dilakukan dengan memajukan perdagangan, pemanfaatan sumber daya maritim berkelanjutan dan partisipasi ekonomi perempuan. Selain menghadiri KTT IORA, Bishop juga akan bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menlu Retno Marsudi dan menteri lain.

Acara tahun ini mengusung tema menguatkan kerja sama maritim untuk Samudera Hindia yang damai, stabil dan sejahtera. IORA beranggotakan 21 negara diantaranya Australia, Bangladesh, Comoros, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Seychelles, Singapura, Somalia, Afrika Selatan, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab dan Yaman. Tujuh negara rekan dialog diantaranya Cina, Mesir, Prancis, Jerman, Jepang, Inggris dan AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement