Kamis 09 Mar 2017 05:31 WIB

Survei Ungkap Tempat Tinggal Warga AS Paling Bahagia

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Nur Aini
Bahagia (ilustrasi)
Foto: Womanitely
Bahagia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Untuk kedua kalinya, predikat komunitas paling bahagia ditujukan untuk masyarakat Florida, Amerika Serikat (AS). Warga di Naples, Immokalee, dan area metro Marco Island bahkan mendapat nilai tertinggi dalam survei kebahagiaan Gallup-Healthways pada 2015-2016.

Dalam jajak pendapat terbaru ini tentang kebahagiaan masyarakat kota-kota di AS, area metro Naples mendapat nilai 66,3 dari skala 100. Naples juga menjadi meraih predikat yang sama pada 2014-2015.

Masyarakat paling bahagia selanjutnya adalah Barnstable Town di Massachusetts, Santa Cruz-Watsonville di California, dan Honolulu di Hawai. Di urutan terakhir ada area metro Fort Smith yang berada di perbatasan Arkansas dan Oklahoma, demikian dilansir Live Science, Selasa (7/3).

Pemeringkatan ini dilakukan berdasarkan wawancara lebih dari 354 ribu warga AS di semua 50 negara bagian sejak Januari 2015 hingga Desember 2016. Para responden ditanya mengenai berbagai hal terkait faktor kebahagiaan di kota yang ditempati. Secara umum, area metro dengan tingkat kebahagiaan terendah cenderung berada di selatan dan barat bagian tengah. Sementara kota-kota dengan kebahagiaan bagus cenderung tersebar di pantai timur dan barat.

Untuk beberapa kasus, kota-kota yang letaknya berdekatan bahkan punya perbedaan nilai yang signifikan. Misalnya area metro Charlottesville, Virginia yang berada di peringkat lima berbeda jauh nilainya dengan Huntington-Ashland, West Virginia yang berada di urutan ke tiga dari bawah. Padahal, dua daerah ini hanya berjarak 300 mil.

Menurut Gallup, perbedaan ini jadi peluang masyarakat di kota-kota yang nilai kebahagiannya rendah untuk mencotoh praktik terbaik dari kota-kota yang memiliki tingkat kebahagiaan lebih baik.

Beberapa inisiatif kebijakan publik seperti kepala daerah yang bekerja sama dengan petani dan restoran untuk membantu menyediakan menu makanan bagi para pelanggan di kota itu, bisa dicontoh. Hal itu juga merupakan tujuan dari Gallup-Healthways' Blue Zones Project. Praktik semacam itu sudah dilakukan di Naples dan beberapa kota lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement