Jumat 10 Mar 2017 09:32 WIB

Menlu AS Gelar Rapat Khusus dengan Koalisi untuk Rebut Raqqa

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Penduduk berlarian mencari perlindungan di Provinsi Raqqa, timur Suriah
Foto: Reuters
Penduduk berlarian mencari perlindungan di Provinsi Raqqa, timur Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, RAQQA -- Amerika Serikat mengirim 400 tentara tambahan ke Suriah untuk membantu pasukan koalisi menaklukan benteng ISIS di Kota Raqqa. Tentara tambahan tersebut termasuk angkatan laut yang baru saja tiba beberapa hari lalu.

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson ajan menjadi tuan rumah untuk melakukan rapat dengan para  anggota koalisi menjelang serangan ke Raqqa. Para menteri luar negeri dan pejabat dari 68 bangsa dan organisasi internasional diundang oleh Tillerson untuk menghadiri rapat selama dua hari mulai 22 Maret.

"Menteri Luar Negeri Tillerson sudah yakin kalau mengalahkan ISIS merupakan prioritas di Timur Tengah," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Mark Toner seperti dilansir BBC, Kamis, (9/3).

Pejabat pertahanan mengatakan, angkatan laut dipersenjatai dengan senapan besar 155 milimeter dengan jarak tembak  32 km. Juru Bicara Pasukan Koalisi Kolonel  John Dorrian mengatakan, mereka akan membantu mengalahkan ISIS di Raqqa.

Selama pekan ini pasukan keamanan elite Amerika telah ditempatkan di barat laut Raqqa dengan memakai kendaraan lapis baja.

Baca juga, ISIS Kehilangan Kunci Sumber Air Bersih di Suriah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement