Rabu 15 Mar 2017 09:18 WIB

Pengamat: Bahrumsyah Tewas, Jaringan ISIS Indonesia Melemah

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Teguh Firmansyah
Bahrumsyah.
Foto: StraitTimes/Youtube
Bahrumsyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pentolan ISIS asal Indonesia Bahrumsyah alias Abu Muhammad Al Indonesiy dipastikan tewas. Kantor berita resmi ISIS Anmaq Agency mengatakan Bahrumsyah tewas sebagai penyerang bom bunuh diri di Palmyra Suriah pada 13 Maret lalu.

"Berita kematian Bahrumsyah valid. Di Indonesia para pengikutnya sudah saling mengirim doa di sosial media," ujar peneliti terorisme dan intelijen Ridlwan Habib di Jakarta (15/03).

Bahrumsyah adalah seorang perekrut andal ISIS. Dia adalah komandan kelompok milisi Indonesia Barat. Serangan bom Thamrin salah satu inisiatornya diduga  adalah Bahrumsyah.

Bahrumsyah mempunyai tiga istri dan lima anak. Istri ketiganya baru saja dideportasi dari Turki Februari lalu. Sekarang, kata dia, istri ketiganya itu menjanda untuk kedua kalinya. Sebelum dinikahi Bahrumsyah dia adalah janda milisi Poso.

Menurut analis S2 Kajian Intelijen UI itu, kematian Bahrumsyah akan melemahkan jaringan ISIS di Indonesia. "Setidaknya jalur untuk pergi ke Suriah putus satu , Bahrumsyah ini perannya penghubung utama, " kata Ridlwan.

Kelompok ISIS sel Bahrumsyah meliputi Jabodetabek. "Basis mereka di Tangerang Selatan, Bahrumsyah orang Tangerang, " ujar Ridlwan.

Bahrumsyah adalah jebolan D3 Komunikasi Penyiaran Islam UIN Ciputat. Videonya yang berjudul Join The Rank pada Agustus 2014 telah menginspirasi ratusan WNI pergi ke Suriah. Menurut dia, kematian Bahrumsyah kehilangan besar bagi kelompok ISIS.

Menurut Ridlwan, ada kemungkinan anggota Bahrumsyah di Indonesia membalas dendam. Targetnya adalah kelompok syiah. Bahrumsyah meledakkan diri saat menyerbu tentara Bahsar Asad di Palmyra Suriah.

Baca juga, Bahrumsyah Tewas di Suriah.

Direktur Riset lembaga Indonesia Terrorism Monitoring (ITM) itu menyebut, Bahrumsyah mempunyai ajudan setia. "Belum diketahui apakah dia ikut tewas di Palmyra atau masih hidup. Jika masih hidup, kemungkinan dialah yang menggantikan peran Bahrumsyah, " kata Ridlwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement