Rabu 15 Mar 2017 13:22 WIB

Iran Kirim Kapal Perang ke Teluk Aden

Sejumlah Kapal Perang Iran
Sejumlah Kapal Perang Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran mengumumkan telah mengirim kapal Angkatan Laut '45 Group' yang terdiri dari kapal perusak dan perang di Teluk Aden dan Bab al-Mandab.

Langkah tersebut ditengarai akan memanaskan ketegangan dengan AS di laut internasional. Selama ini Teluk Aden dituding menjadi jalur Iran mengirimkan senjata ke milisi Houthi di Yaman.

Kantor berita Tasnim melaporkan, kapal perang Iran sedang bertolak ke Teluk Aden dan Bab al-Mandab untuk menjaga kapal dagang Iran yang berlabuh di Pelabuhan Oman.

Seperti dikutip Al Arabiya, Selasa (14/3), sejak Operasi Decisice Storm yang diluncurkan koalisi Arab pimpinan Saudi untuk mengembalikan legitimasi pemerintah Yaman, kapal Iran meningkatkan aksi provokatif terhadap militer AS.

Menurut observer, Iran ingin menguasai navigasi internasional sehingga bisa dengan mudah mengirimkan senjata ke milisi Houthi, rezim Bashar al-Assad di Suriah dan milisi Hizbullah di Lebanon.  Pada 8 Januari, konfrontasi sempat terjadi antar kapal perusak AS dan kapal Garda Revolusi Iran di Selat Hormuz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement