Kamis 16 Mar 2017 11:07 WIB

Banjir Bandang Landa New South Wales dan Queensland

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Winda Destiana Putri
Banjir bandang di New South Wales, Australia.
Foto: The Australian
Banjir bandang di New South Wales, Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, TAREE -- Banjir bandang melanda New South Wales (NSW) utara dan Queensland tenggara. Setelah sebelumnya didahului dengan hujan lebat disertai badai berhari-hari sejak Ahad (11/3) waktu setempat.

Pada Ahad (11/3) dimulai dengan badai kuat, ketika sistem tekanan rendah tingkat atas berinteraksi dengan hangat, udara lembab mengalir dari Laut Tasman. Lalu badai yang menghasilkan angin merusak lingkungan sekitar. Dan hujan disertai hujan es melanda sebagian wilayah NSW dan Queensland.

Kru darurat di NSW menerima lebih dari 80 panggilan untuk bantuan pada Rabu (15/3) malam, terutama untuk atap bocor. Karena hujan lebat basah dari utara dan daerah pantai Mid North, dari Taree ke Lismore. Juru bicara Layanan Darurat NSW Sue Pritchard mengatakan sudah ada 16 orang yang diselamatkan sejak Ahad tersebut.

"Sebagian besar pekerjaan menyelamatkan orang-orang yang telah terdorong ke dalam air banjir, atau mencoba untuk menyeberang jalan yang banjir," kata Pritchard, dikutip dari Guardian, Kamis (16/3). Ahli meteorologi Weatherzone Rob Sharpe mengatakan daerah yang paling terkena adalah NSW pertengahan utara pantai dan daerah sungai utara, dari Taree ke Cape Byron.

Dengan luas hujan lebih dari 100mm dalam 24 jam pada pukul 09:00 Kamis (16/3). "Ini cukup langka untuk kejadian hujan badai yang jatuh di sebuah wilayah yang luas pada saat ini, di bentangan panjang garis pantai," kata Sharpe.

Kota Sawtell, yang terletak 500 kilometer utara Sydney, menerima hujan 250mm dalam 24 jam pada pukul 09:00 hari Kamis (16/3). Smokey Cape, di 450 kilometer utara Sydney, memiliki curah hujan terberat pada Maret di sepanjang 43 tahun ini, hujan terekam 180mm dalam 24 jam pada pukul 9:00. Sedangkan Port Macquarie dilanda hujan 166mm, Sharpe menyebutkan ini yang terberat dalam 10 tahun untuk bulan apapun.

Selanjutnya pada jeda singkat ini diperkirakan di daerah tersebut akan membawa hujan lebih lanjut pada Kamis (16/3) sebelum sistem tekanan rendah  pada Jumat dan Sabtu. Terutama untuk sungai utara dan pantai Mid North, secara bertahap bergerak menuju perbatasan Queensland.

Badan Meteorologi mengeluarkan peringatan banjir untuk 11 lembah sungai termasuk di Richmond, Sungai Clarence, pantai Coffs dan di Nambucca. Sedangkan layanan darurat memperingatkan pengendara agar tidak memasuki perairan banjir. Sydney tidak lolos dari cuaca basah, dengan Penrith di barat kota merekam cuaca terbasah pada bulan Maret dalam 20 tahun ini pada Rabu. Dengan hujan 55mm dalam 24 jam pada pukul 9:00.

Hujan dan badai yang akan terus berlanjut di wilayah metropolitan hingga Sabtu (18/3), dengan angin meningkat pada hari Jumat (17/3). Hujan deras juga diperkirakan melanda Hunter, Illawarra dan Tablelands pusat, dari barat Blue Mountains.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement