Jumat 17 Mar 2017 08:31 WIB

Piton Afrika Ini Muntah Setelah Makan Antelop Bulat-Bulat

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ilham
ilustrasi ular piton
Foto: Antarafoto
ilustrasi ular piton

REPUBLIKA.CO.ID, GROBLERSDAL -- Seekor ular piton Afrika muntah setelah menelan antelop bulat-bulat. Agaknya, si ular hanya kurang beruntung karena biasanya antelop adalah mangsa yang lazim dimakan oleh spesies ular yang bahkan bisa menelan seekor buaya sekaligus tersebut. Mulanya, seorang pria bernama Jaco Kotze melihat ular yang tampak kesakitan di ladang miliknya di Groblersdal, Afrika Selatan.

Ia segera meminta bantuan penangkap ular Arthur Roden untuk melakukan sesuatu kepada satwa yang bergerak gelisah dan mengatup-ngatupkan mulut tak terkendali itu. Roden mencoba menangkap kepala piton yang perutnya menggembung kepenuhan tersebut, tetapi si ular tampak semakin menderita. Akhirnya, ia dan sejumlah orang yang merekam kejadian dengan kamera ponsel hanya membiarkan si ular dan memberinya ruang.

Dilansir dari laman Gizmodo, apa yang terjadi selanjutnya cukup mengejutkan. Hewan dengan nama Latin Python sebae yang merupakan ular terbesar di Afrika itu memuntahkan seluruh makan siangnya, yakni antelop utuh yang belum tercerna.

Setelah kondisi berangsur tenang, Roden dan kru mengukur panjang si ular yang mencapai 3,9 meter. Biasanya, piton Afrika memiliki panjang rata-rata antara 3,00 sampai 3,53 meter, tetapi bisa terus tumbuh sampai 4,8 meter.

 

Video rekaman ular yang muntah itu diunggah ke laman YouTube dan berkali-kali dibagikan ulang oleh netizen. Salah satu akun yang memposting ulang videonya adalah laman New York Post yang telah disimak lebih dari 155 ribu kali.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement