Senin 20 Mar 2017 02:52 WIB

Serangan Irak Tewaskan Enam Komandan ISIS

Rep: Santi Sopia/ Red: Bayu Hermawan
Kendaraan militer Irak (ilustrasi)
Foto: abc
Kendaraan militer Irak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MOSUL -- Militer Irak menyerang kelompok radikal ISIS melalui helikopter dan rudal di Mosul, tepatnya di dekat masjid al-Nuri, Ahad (19/3). Serangan udara tersebut dilakukan dalam misi untuk merebut kembali wilayah Mosul.

Dilansir Reuters, Kementerian Pertahanan setempat melaporkan bahwa serangan itu telah menewaskan enam komandan militan ISIS, termasuk pemimpin senior ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi yang dikenal telah menyatakan kekhalifahan sejak Juli 2014.

Awal mula penyerangan, Pasukan Polisi Federal maju melewati stasiun kereta api yang berdekatan dengan sebuah masjid di Mosul Barat. Sementara itu, sejumlah warga lari tunggang melarikan diri dengan membawa koper dan barang-barang mereka. Kebanyakan dari mereka adalah perempuan dan anak-anak.

Pertempuran untuk merebut kembali benteng terakhir ISIS di Irak tersebut kini telah memasuki bulan keenam. Pasukan pemerintah Irak juga disebut didukung oleh penasihat AS.

"Pasukan Polisi Federal dan Rapid Response kembali menyerang setelah empat menghentikan operasi karena cuaca buruk. Pasukan memiliki target merebut kembali sisa kota tua," kata seorang juru bicara polisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement