Sabtu 25 Mar 2017 19:07 WIB

Israel Tewaskan Pejuang Senior Hamas

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Seorang anak tengah memegang bendera Palestina di Gaza.
Foto: AP
Seorang anak tengah memegang bendera Palestina di Gaza.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Anggota dan pejuang senior Hamas di Jalur Gaza, Fuqaha dilaporkan tewas akibat ditembak militer Israel di sekitar Tell Al-Hawa. Pasukan Hamas mengutuk keras serangan Israel ini.

Dalam sebuah pernyataan resminya, Hamas mengatakan Israel patut bertanggung jawab terhadap kejahatan keji ini. "Israel tahu darah pejuang tidak tumpah secara sia-sia dan Hamas akan tahu bagaimana harus bertindak," kata Hamas dalam pernyataan resminya, seperti dilaporkan laman Middle East Monitor, Sabtu (25/3).

Menurut pejabat senior Hamas Izzat Al-Rishq, pasukan Israel menembakkan peluru kepada Fuqaha dengan menggunakan alat peredam letupan. "Mereka menembak Fuqaha di kepala," ujar Al-Rishq.

Wakil Kepala Hamas di Jalur Gaza, Khalil Al-Haya mengatakan Israel mendapatkan keuntungan dari tewasnya Fuqaha. "Israel akan mendapatkan manfaat dari tewasnya Fuqaha," kata Al-Haya.

Fuqaha adalah salah satu anggota dan pejuang senior Hamas. Ia sempat ditahan oleh Israel sebelum akhirnya dibebaskan pada 2011 bersama seribu tahanan Palestina lainnya melalui kesepakatan pertukaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement