Kamis 30 Mar 2017 07:31 WIB

Sejarah Hari Ini: Presiden Reagan Ditembak di Depan Hotel

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Suasana kacau usai percobaan pembunuhan Presiden AS Ronald Reagan pada 30 Maret 1981. Pelaku penembakan John W Hinckley Jr akan dibebaskan dari rumah sakit jiwa pada 5 Agustus 2016.
Foto:
Kilang minyak Alexander Kielland yang dihuni pekerja minyak di North Sea tenggelam pada 30 Maret 1980. Sebanyak 123 pekerja tewas.

Pada hari ini tahun 1980, apartemen terapung yang dihuni pekerja minyak di North Sea tenggelam. Sebanyak 123 orang tewas. Platform Alexander Kielland dihuni oleh 208 orang.

Mereka bekerja di kilang minyak Edda terdekat di Ekofisk, 235 mil dari Dundee, Skotlandia. Sebagian besar pekerja Phillips Petroleum itu berasal dari Norwegia. Sebagian lagi dari Amerika dan Inggris.

Platform apartemen rusak setelah diterjang gelombang tinggi. Hingga akhirnya tenggelam dengan cepat. Hanya dalam 15 menit, apartemen terbalik sehingga para pekerja tidak punya banyak waktu untuk menyelamatkan diri.

Helikopter militer dari Norwegia dan Inggris langsung bergegas ke lokasi. Namun, cuaca buruk mengganggu upaya penyelamatan. Alexander Kielland tenggelam selama tiga tahun sebelum akhirnya diangkat ke permukaan.

Selanjutnya: Kelahiran Pelukis Vincent Van Gogh

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement