Kamis 30 Mar 2017 07:31 WIB

Sejarah Hari Ini: Presiden Reagan Ditembak di Depan Hotel

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Suasana kacau usai percobaan pembunuhan Presiden AS Ronald Reagan pada 30 Maret 1981. Pelaku penembakan John W Hinckley Jr akan dibebaskan dari rumah sakit jiwa pada 5 Agustus 2016.
Foto:
Lukisan Van Gogh di sebuah museum di Kairo, Mesir.

Pada hari ini tahun 1853, Vincent Willem van Gogh lahir. Ia adalah pelukis pasca-impresionis Belanda. Lukisan-lukisan dan gambar-gambarnya termasuk karya seni yang terbaik, paling terkenal, dan paling mahal di dunia.

Van Gogh dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Di masa mudanya Van Gogh bekerja pada sebuah perusahaan penjual karya seni, dan setelah beberapa waktu bekerja sebagai guru, ia melayani sebagai misionaris yang bekerja di wilayah pertambangan yang sangat miskin.

Ia baru menjadi seniman pada tahun 1880. Mulanya karya-karyanya menggunakan warna-warna yang suram. Baru ketika di Paris ia berjumpa dengan impresionisme dan neo-impresionisme yang warna-warnanya yang lebih cerah dan gaya lukisannya dikembangkannya menjadi sebuah gaya yang unik dan mudah dikenali.

Gaya lukisannya ini mencapai tingkat perkembangannya yang penuh ketika ia tinggal di Arles, Prancis. Awalnya mengikuti tipikal pelukis di zamannya dengan gaya impresionisme. Namun ketidakpuasan terhadap pengekangan ekspresi seni oleh pakem impresionisme membuat ia beralih pada gaya ekspresionisme.

Vincent van Gogh didiagnosis menderita epilepsi yang cukup parah. Diagnosa ini dibuat oleh dua orang dokter berbeda yang merawatnya. Van Gogh juga pernah memotong telinganya sendiri.

Pada akhir hidupnya, ia merasa dirinya menjadi gila dan akhirnya menghabiskan sisa hidup di RS Jiwa Saint-Paul-de-Mausole di Saint-Rémy-de-Provence, Prancis. Di RS Jiwa Saint Paul-de-Mausole dia tetap melukis.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement