Sabtu 08 Apr 2017 03:32 WIB

Polisi India Cari Orang Tua Bocah yang Tumbuh Bersama Kera

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah
Gadis kecil di India ini mengalami kesulitan berkomunikasi setelah ditemukan hidup bersama sekelompok kera
Foto: BBC
Gadis kecil di India ini mengalami kesulitan berkomunikasi setelah ditemukan hidup bersama sekelompok kera

REPUBLIKA.CO.ID, UTTAR PRADESH -- Kepolisian India menyisir laporan kehilangan anak perempuan, demi mengidentifikasi temuan seorang gadis kecil yang diyakini sempat hidup bersama kera. Anak perempuan yang usianya antara 8 hingga 10 tahun ditemukan di sebuah hutan di Uttar Pradesh, sebuah kota di India bagian utara, beberapa pekan lalu.

Dokter yang kemudian memeriksa gadis kecil itu mengaku bahwa bocah tersebut mengalami kesulitan berkomunikasi. Bahkan, gadis itu berperilaku layaknya seekor kera. Seorang petugas kepolisian mengatakan kepada BBC bahwa gadis itu sedang bermain besama sekumpulan kera, bahkan bertingkah layaknya kera, tepat saat polisi mengevakuasinya dari hutan.

Gadis kecil itu sebelumnya ditemukan oleh penduduk desa di kawasan suaka alam Katarniaghat, dekat perbatasan Nepal. Perwakilan kepolisian, Suresh Yadav, menjelaskan bahwa kerumunan kera berupaya menyerang polisi saat upaya evakuasi dilakukan terhadap anak perempuan itu menuju rumah sakit.

Saat tiba di rumah sakit, pihak dokter juga menyebutkan bahwa anak perempuan itu mengalami malnutrisi atau kurangnya pasokan nutrisi. Ketika 'diamankan' dari hutan, gadis kecil tersebut juga berpewakan tak terawat dengan rambut panjang dan luka ditemukan di sekujur tubuh.

Gadis kecil itu tak mampu berkomunikasi dengan baik kepada orang lain menggunakan bahasa lisan. Ia hanya mampu menjerit dan berjalan merangkak menggunakan tangan dan kakinya sekaligus layaknya kera.

Kondisi si gadis kecil dilaporkan stabil saat ini. Meski begitu, anak perempuan yang diyakini sempat 'dirawat' oleh para kera tersebut harus menjalani sejumlah terapi dan pemulihan psikis untuk mengenalkan dirinya kepada dunia atau lingkungan manusia.

Dilaporkan, setelah mendapat perawatan awal di rumah sakit setempat, gadis kecil tersebut akan dipindahkan ke Lucknow Medical College untuk mendapat perawatan yang lebih lengkap. Bahkan, Hakim Lokal Ajaydeep Singh saat menjenguk di rumah sakit sempat menyebut gadis tersebut sebagai Forest Durga, merujuk pada Dewi Perang dalam ajaran Hindu.

Masyarakat India membandingkan sosok Forest Durga dengan gadis kecil bernama Mowgli, karakter dalam kisah The Jungle's Book karangan Rudyard Kipling. Mowgli sendiri dirawat oleh serigala. Entah berapa lama sang Forest Durga hidup bersama kera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement