Jumat 14 Apr 2017 01:05 WIB

Spesies Burung Air Mulai Menurun

Rep: Rossi Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Spesies burung air.
Foto: landsat.gsfc.nasa.gov
Spesies burung air.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Sebuah studi baru yang dipimpin Universitas Duke menunjukkan, adanya kekeringan, berkurangnya banjir musiman dari lahan basah, dan ladang pertanian, mengancam sebuah situs persinggahan global bagi puluhan ribu burung pantai yang bermigrasi di Sacramento Valley, California.

Analisis para peneliti dari sejarah dua mingguan NASA Landsat mengungkapkan, bahwa habitat membanjiri saat puncak migrasi musim semi, kini telah menyusut lebih dari dua kali ukuran Washington, DC selama 30 tahun terakhir.

“Rata-rata, kita kehilangan area sekitar empat kali ukuran Central Park setiap tahun, selama waktu kritis pada akhir Maret,” kata Danica Schaffer-Smith, seorang mahasiswa doktoral di Duke Nicholas Sekolah Lingkungan, dilansir dari laman resmi Nicholas School.

Schaffer-Smith mencatat, lebih dari setengah dari semua spesies burung air di belahan bumi Barat sekarang menurun. Situs Sacramento Valley sendiri, merupakan tempat istirahat dan pengisian bahan untuk para burung yang melakukan perjalanan sepanjang Pasifik Flyway. Beberapa spesies ini bermigrasi ribuan mil, dari Argentina ke Alaska, dan kembali lagi setiap tahun.

“Fakta bahwa spesies bermobilitas tinggi semakin berjuang untuk menemukan habitat banjir pada migrasi mereka, merupakan indikator bahwa sistem lahan basah air tawar berada dalam kesulitan. Air Tawar sangat penting untuk semua kehidupan. Banyak spesies lain bergantung pada habitat-habitat yang sama juga,” papar Schaffer-Smith.

Sacramento Valley pernah mendukung jaringan besar lahan basah yang terhubung ke San Francisco Bay Delta, tetapi lebih dari 90 persen dari mereka telah dikeringkan untuk pertanian. Analisis citra satelit terbaru oleh Schaffer-Smith dan timnya menunjukkan, air terbuka mencakup hanya tiga persen dari lanskap selama puncak migrasi pada  April, ketika burung-burung sangat membutuhkan habitat banjir untuk beristirahat dan makan.

Ia mengatakan, hujan lebat musim dingin ini tidak mungkin untuk membalikkan kerugian habitat tersebut. “Namun, sebagian besar air di California yang diambil di waduk dan dialihkan melalui sistem kanal dan parit, yang juga memungkinkan untuk sengaja memanipulasi habitat banjir pada lanskap,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement