Ahad 16 Apr 2017 16:56 WIB

Australia Barat Uji Coba Tempat Khusus Mengirim SMS

Menggunakan ponsel saat mengemudi sangat berbahaya
Foto: Wikimedia
Menggunakan ponsel saat mengemudi sangat berbahaya

REPUBLIKA.CO.ID, PERTH -- Mengirim pesan singkat atau berSMS merupakan gangguan yang menggoda banyak pengguna jalan yang saat ini sedang berusaha dilarang praktknya oleh pihak berwenang keselamatan jalan di Australia Barat.

Untuk pertama kalinya di Australia, pengendara di wilayah South West dan Peel, Australia Barat ditawarkan beberapa tempat yang dikhususkan untuk berkirim pesan singkat atau SMS dari ponsel mereka. Ini merupakan bagian dari sebuah eksperimen yang dilakukan beberapa lembaga komite Keselamatan Berkendara di Australia Barat - Roadwise WA dan didanai oleh Komisi West Australian Road Safety (RSC).

Komisioner Keselamatan Jalan, Kim Papalia mengatakan mengirim pesan pendek atau SMS merupakan faktor penyumbang utama kecelakaan di jalan-jalan di Australia Barat. "Tempat ini merupakan sebuah bidang di sisi jalan yang memberikan orang kesempatan untuk keluar dari arus lalu lintas, turun, memarkir kendaraan mereka dan memungkinkan mereka menjawab pesan teks mereka," katanya.

"Tempat khusus untuk berSMS ini mencoba menjangkau orang-orang yang merasa perlu memeriksa pesan teks mereka," katanya.

"Pesannya jelas bahwa memeriksa pesan singkat atau SMS bisa ditunda dulu sampai aman untuk melakukannya. Kita mengakui bahwa SMS merupakan masalah di Australia Barat dan kami mengambil langkah aktif untuk melihat bagaimana kita dapat mengurangi hal tersebut.”

"Ini merupakan bentuk pengakuan terhadap perilaku berSMS dan bagaimana Anda dapat secara positif mempengaruhi dampak  yang lebih baik terkait perilaku ini."

Uji coba ini melibatkan lima tempat khusus berSMS yang dapat diidentifikasi melalui marka jalan elektronik yang terdapat di sepanjang jalan raya Forrest dan South Western.

Tempat untuk berSMS di Jalan Forrest:

  • Tempat untuk memarkir kendaraan di di Selatan Buffalo Road (arah selatan)
  • Area peristirahatan di Dorsett Road (berlaku untuk kedua arah jalan)
  • Tempat untuk memarkir kendaraan di utara Greenlands Road (arah selatan)

Untuk ber-SMS di South Western Highway:

  • Area peristirahatan di utara Placid Ark Roadhouse (arah selatan)
  • Tempat untuk memarkir kendaraan di selatah Melville Road, Brunswick Junction (arah utara)

Beberapa area parkir di luar ruas jalan terletak di sebelah area peristirahatan minum pengemudi sementara area parkir yang lain digunakan secara eksklusif untuk berkirim SMS.

Kim Papalia menekankan tempat khusus untuk ber-SMS ini masih diujicoba dan RSC akan mengevaluasi hasilnya untuk menentukan apakah tempat SMS ini akan menjadi sarana yang tetap, setelah korban kecelakaan di jalan raya  di Australia Barat pada 2016 mencapai jumlah tertinggi dalam kurun waktu enam tahun. Uji coba ini akan berjalan sampai 28 April 2017 untuk menangani masa liburan Paskah dan liburan sekolah.

Sejauh ini sepanjang masa liburan akhir pekan panjang Paskah, tercatat satu orang tewas di jalan raya di Australia Barat (WA). Secara nasional, jumlah korban kecelakaan di jalan raya selama masa liburan akhir pekan yang panjang ini masih rendah.

Dua orang tewas di Victoria dan dua orang lainnya tewas di New South Wales, sementara Queensland dan Australia Selatan tidak tercatat ada korban jiwa. Secara keseluruhan jumlah korban kecelakaan di jalan raya nasional menunjukan tren penurunan di sebagian besar negara bagian  dibandingkan tahun lalu.

Diterjemahkan pada pukul 12.45 WIB, 16/4/2017 oleh Iffah Nur Arifah. Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/australia-barat-siapkan-teluj-khusus-ber-sms/8446840
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement