Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Seorang Pria Selamat dari Kecelakaan Kapal di Malawi

Selasa 18 Apr 2017 06:57 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi Kapal tenggelam

Ilustrasi Kapal tenggelam

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, LILONGWE -- Seorang pria yang selamat dari kecelakaan kapal di Danau Malawi bernama Graciam Kondowe menceritakan kisah unik yang dialaminya. Ia mengatakan dapat terhindar dari kejadian maut tersebut dengan cara berpegangan pada sebuah kantong tepung jagung.

Pria berusia 67 tahun itu mengatakan sesaat setelah perahu terbalik, ia menemukan kantong tepung jagung yang mengambang dan dalam keadaan padat. Karena itu, Kondowe dapat berpegangan dan tidak tenggelam.

Hingga kemudian, ia berhasil ditemukan oleh petugas penyelamat. Kondowe menjadi satu diantara 54 orang penumpang yang dilaporkan selamat dalam kecelakaan kapal tersebut.

Sementara, ada lima orang yang dilaporkan tewas tenggelam saat perahu terbalik di Danau Malawi, tepatnya saat melintas di sekitar distrik Rumphi. Selain itu, 11 penumpang lainnya dinyatakan hilang.

Kondowe mengatakan kejadian bermula 15 menit setelah perjalanan berlangsung. Angin kencang secara tiba-tiba menerjang kapal. Saat awak memutuskan untuk kembali ke tepi danau, kendaraan itu terbalik.

Sebagian besar penumpang diselamatkan oleh petugas dengan menggunakan kapal kano. Penduduk sekitar lokasi kejadian juga membantu proses penyelamatan.

Kecelakaan kapal pernah terjadi di Danau Malawi pada 2012 lalu. Saat itu, ada 47 migran yang mencoba melarikan diri dari Somalia dan Ethiopia dan menggunakan jalur perairan itu untuk melintas. Namun, di tengah perjalanan perahu mereka terbalik dan seluruhnya tenggelam.

sumber : BBC
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA