Rabu 26 Apr 2017 06:10 WIB

Tokoh Muda Pemimpin Dunia dari Alexander The Great Hingga Macron

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Kandidat presiden Prancis Emmanuel Macron menyapa pendukungnya saat meninggalkan restoran usai kemenangannya di pemilu presiden putaran pertama di Paris, Senin, 24 April 2017.
Foto: AP Photo/Kamil Zihnioglu
Kandidat presiden Prancis Emmanuel Macron menyapa pendukungnya saat meninggalkan restoran usai kemenangannya di pemilu presiden putaran pertama di Paris, Senin, 24 April 2017.

REPUBLIKA.CO.ID,PRANCIS -- Salah satu kandidat presiden Prancis, Emmanuel Macron menjadi seorang calon pemimpin termuda di negara itu. Dalam waktu dua pekan ke depan, pria berusia 39 tahun itu akan menghadapi persaingan dengan kandidat lainnya dalam pemilihan umum putaran kedua.

Macron memperoleh suara terbanyak dalam pemilu putara pertama yang digelar pada Ahad (23/4). Ia mendapatkan suara sebanyak 24,01 persen. Sementara itu, Marine Le Pen yang merupakan kandidat dari Partai Sayap Kanan Prancis Front Nasional hanya menerima 21,3 persen suara. Keduanya akan mengikuti pemilu putaran kedua.

Selama ini, Macron dikenal sebagai seorang pebisnis yang juga mantan menteri keuangan Prancis. Ia juga disebut memiliki ideologi sayap tengah, yang memimpin pergerakan politik independen En Marche atau perubahan.

Dalam sebuah buku karyanya, Macron menjelaskan bahwa ia adalah seorang liberalis. Macron juga memiliki fokus terhadap berbagai isu sosial, yang termasuk di dalamnya untuk melindungi hak kebebasan beragama di negara sekuler, kesetaraan, dan imigrasi.

Tak hanya Macron yang disebut akan menjadi pemimpin termuda dan pintar sebuah negara, sebelumnya ada beberapa sosok muda yang pernah membuat mata dunia tertuju. Dirangkum dari BBC, berikut adalah nama-nama dari 'pesaing' mantan bankir investasi itu.

William Pitt

Wiliam Pitt adalah pria termuda yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris pada 1783. Ia yang saat itu berusia 24 tahun mulai memimpin pemerintahan negara itu hingga ajal menjemputnya pada 1806.

Selama menjabat sebagai perdana menteri, ada beberapa keberhasilan yang dicapai Pitt. Pertama adalah mengalahkan Prancis pada 1805, memperkenalkan kebijakan pajak penghasilan, dan membuat Undang-undang (UU) persatuan Inggris dan Irlandia.

Alexander The Great

Alexander adalah salah satu komandan militer terbesar sepanjang masa. Ia mewarisi tahta Macedonia pada 336 SM saat masih berusia 20 tahun.

Setelah menaklukan Kekaisaran Persia, ia kemudian memimpin pemerintahan di sebuah kerajaan yang mencakup tiga benua. Kemenangan tunggal terbesar yang dicapai Alexander adalah pertempuran di Gaugamela atau dikenal sebagai Irak saat ini.

Kembali kepada saat ini, Macron tidak akan menjadi satu-satunya pemimpin dunia yang berusia di bawah 40 tahun. Di antara banyak pemimpin negara yang memegang jabatan penting di usia muda masa sekarang adalah Perdana Menteri Macedonia Emil Dimitriev yang masih berusia 38 tahun.

Kemudian ada seorang Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani yang berusia 36 tahun. Tak ketinggalan, dari pemimpin yang saat ini paling menonjol dan terkenal di dunia adalah Kim Jong-un. Pria berusia 33 tahun itu menjadi orang nomor satu di Korea Utara (Korut).

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement