Ahad 07 May 2017 10:08 WIB

Kapal Spanyol Selamatkan 651 Migran di Mediterania

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Winda Destiana Putri
Aksi dievakuasi imigran yang diselamatkan dari Laut Mediterania, Jumat (14/4).
Foto: Reuters
Aksi dievakuasi imigran yang diselamatkan dari Laut Mediterania, Jumat (14/4).

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID - Kapal milik angkatan laut Spanyol, Canarias, berhasil menyelamatkan 651 migran di perairan Mediterania, Sabtu (6/5). Para migran itu sedang dalam perjalanan menyeberang dari Afrika Utara menuju Eropa.

Dikutip Arab News, Kementerian Pertahanan Spanyol mengatakan, operasi penyelamatan dilakukan dalam kegelapan malam. Ratusan migran itu diketahui berasal dari beberapa negara sub-Sahara yang berbeda.

Kapal Canarias telah diperintahkan untuk ikut berpartisipasi dalam misi gabungan Uni Eropa, untuk melakukan penyelamatan di lepas pantai Libya. Canarias telah menyelamatkan 1.958 migran dalam waktu kurang dari tiga bulan, selama berpatroli di Mediterania.

Ratusan ribu migran telah menyeberangi Laut Mediterania dengan menggunakan kapal penyelundup, dengan harapan akan kehidupan yang lebih baik di Eropa. Namun ribuan orang meninggal setiap tahun di perairan berbahaya tersebut.

Wilayah Libya yang bebas hukum, menjadi salah satu titik awal keberangkatan mereka ke Eropa. Sebagian migran yang berhasil diselamatkan, akan dikembalikan ke negara ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement