Senin 08 May 2017 02:44 WIB

Donald Trump tak Sabar Bisa Bekerja dengan Macron

Presiden terpilih Prancis Emmanuel Macron.
Foto: AP
Presiden terpilih Prancis Emmanuel Macron.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberi selamat kepada Emmanuel Macron atas kemenangannya di Pilpres Prancis. Trump mengatakan ia antusias untuk bekerja sama dengan Macron.

"Selamat kepada Emmanuel Macron atas kemenangan besarnya hari ini sebagai Presiden Prancis berikutnya. Saya menanti bisa bekerja sama dengan dia," ujar Trump melalui akun Twitter resminya, dikutip dari Reuters, Senin (8/5).

Mantan bankir investasi dan menteri keuangan Prancis itu unggul dari saingannya dari partai sayap kanan Front Nasional Marine Le Pen dengan kandidat presiden Prancis Emmanuel Macron unggul dalam pemilihan umum putaran kedua di negara itu yang digelar Ahad (7/5). Sejumlah survei menyatakan pendiri gerakan politik independen En Marche itu sebagai pemenang.

Setidaknya ada tiga lembaga survei yang melakukan penghitungan suara secara cepat. Penghitungan dilakukan setelah tempat pemungutan suara ditutup pukul 20.00 waktu setempat. Macron unggul dari saingannya, Marine Le Pen dengan mendapatkan 65 persen suara. Sementara kandidat dari partai sayap kanan Front Nasional itu hanya mendapat sebanyak 35 persen

Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan kemenangan Macron menunjukkan pemilih ingin bersatu dalam nilai-nilai Republik. Hollande dalam sebuah pernyataan mengatakan telah menelpon Macron untuk mengucapakan selamat setelah ia mengalahkan Le Pen yang anti Uni Eropa dan anti imigran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement