Ahad 14 May 2017 10:27 WIB

Arkeolog Temukan 17 Mumi di Nekropolis Mesir

Temuan mumi di Desa Tuna al-Gabal, Mesir.
Foto: Anadolu Agency
Temuan mumi di Desa Tuna al-Gabal, Mesir.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Sebuah misi arkeologi Mesir menemukan sebuah nekropolis (pemakaman) yang berisi sedikitnya 17 mumi dekat Kota Minya di Nile Valley. Penemuan mumi tersebut adalah yang pertama kali di wilayah tersebut.

Penemuan tersebut berada di Desa Tuna al-Gabal, sebuah situs arkeologi di pinggiran gurun pasir barat. Di kawasan ini terdapat nekropolis besar untuk ribuan burung ibis, babun dan binatang lain. Di tempat ini juga ada kuburan untuk manusia dan bangunan pemakaman.

"Ini adalah nekropolis manusia pertama uang ditemukan di Tuna al-Gabal," ujar Menteri Benda Purbakala Mesir Khaled al-Anani kepada wartawan di lokasi temuan, Ahad (14/5).

Lokasinya terletak 220 kilometer di selatan Kairo. Mumi yang ditemukan terawetkan dengan baik. Mumi itu diduga sebagai pejabat atau pendeta.

Penemuan terbaru itu juga meliputi enam sarkofagus, dua peti mati tanah liat, dua papirus dengan skrip dan sejumlah guci. Al-Anani mengatakan nekropolis itu berada delapan meter di bawah tanah dan dibangun pada periode Mesir kuno dan Greco-Romawi.

Dia mengatakan penemuan ini akan lebih besar lagi mengingat misi itu baru tahap awal.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement