Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Beda dengan di Saudi, Istri Trump Pilih Kenakan Kerudung Saat Bertemu Paus

Kamis 25 May 2017 07:05 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah

Presiden Donald Trump dan Istri berfoto bersama dengan Paus Francis.

Presiden Donald Trump dan Istri berfoto bersama dengan Paus Francis.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, VATIKAN  -- Melania dan Ivanka Trump mengenakan penutup kepala hitam saat menemui Paus Francis pada Rabu (24/5). Mereka mengikuti peraturan berpakaian tradisional untuk pengunjung yang ingin bertemu paus secara pribadi di Vatikan.

"Protokol Vatikan, wanita yang akan bertemu dengan Paus diharuskan memakai baju lengan panjang, pakaian hitam formal, dan kain untuk menutupi kepala," kata Stephanie Grisham, juru bicara Ibu Negara AS, dalam sebuah pernyataan kepada CNN.

Sebaliknya, Melania maupun Ivanka Trump justru tidak menggunakan penutup kepala saat berkunjung ke Arab Saudi, sebuah negara Muslim konservatif tempat wanita diharuskan mengenakan hijab.

Langkah tersebut bertentangan dengan kritik Donald Trump terhadap mantan Ibu Negara Michelle Obama karena telah membuat keputusan serupa.

Michelle memilih untuk tidak memakai hijab saat berkunjung ke Arab Saudi pada 2015. Namun dia mengenakan hijab hitam dan gaun hitam saat bertemu dengan Paus Benediktus XVI di Vatikan pada 2009.

Kode berpakaian untuk khalayak kepausan telah mendapat banyak perhatian. Paus Francis dinilai telah mengambil pendekatan yang lebih santai dalam beberapa tahun terakhir.

"Hal-hal seperti ini menjadi lebih rileks dalam beberapa tahun terakhir Tidak ada peraturan yang keras dan tegas," ujar juru bicara Vatikan kepada The Telegraph bulan lalu. Hal ini setelah Camilla, Duchess of Cornwall, mengenakan gaun berwarna sampanye dan tidak mengenakan kerudung saat bertemu Paus di Vatikan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA