Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Sejarah Hari Ini: Berdirinya Kota St Petersburg

Sabtu 27 May 2017 10:17 WIB

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Budi Raharjo

Museum Hermitage, St Petersburg, Rusia

angin Tornado

Foto:

Tornado tak Biasa di Texas

Tornado di Jarrell, Texas menghancurkan kota tersebut pada hari ini tahun 1997. Tornado yang menewaskan sedikitnya 30 orang ini dikategorikan dalam tingkat tornado F5, tingkat tornado dengan angin yang memiliki jarak tempuh lebih dari 260 mil per jam.

Tornado ini tidak biasa karena melaju ke selatan di sepanjang tanah. Sedangkan biasanya di Amerika Utara, tornado bergerak ke timur laut. Badai terbentuk di utara ibu kota Austin, Texas pada sore hari. Bagian depan dingin dari arah barat laut bertabrakan dengan udara hangat dari Teluk Meksiko. Yang menciptakan supercell, formasi awan badai besar dan awan cumulus yang menjulang tinggi.

Kondisi ini menghasilkan 22 tornado yang tercatat, dimulai dengan satu tornado di Waco pada pukul 01:37 pagi waktu setempat. Tornado Waco kemudian bergerak ke selatan ke Danau Belton yang menghancurkan pelabuhan dan menenggelamkan banyak kapal.

Tornado kemudian bergerak ke pedesaan Jarrel, Texas pukul 03.50, saat semua siswa pulang sekolah. Lapisan gulungan tornado hampir 800 kaki itu mengambil banyak tanah sehingga menyebabkan badai lumpur yang kuat. Atap rumah roboh dan air dari sumur dalam tersedot keluar. Bahkan ada laporan juga bahwa tornado tersebut merusak ternak, di mana sapi terangkat dan kulit mereka dilucuti angin sebelum terbanting ke tanah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA