Jumat 02 Jun 2017 16:45 WIB

Tiga Gubernur AS Lawan Keputusan Trump

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden AS, Donald Trump
Foto: AP
Presiden AS, Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Tiga negara bagian Amerika Serikat (AS), yakni Washington, New York, dan California, menegaskan, akan memerangi perubahan iklim bersama. Hal tersebut merespons keputusan Presiden AS Donald Trump, pada Kamis (1/6), yang menarik AS dari kesepakatan iklim Paris.

Gubernur Washington, New York, dan California, telah mengumumkan niat mereka untuk membentuk Aliansi Iklim AS. Dalam sebuah pernyataan bersama Gubernur Washington Jay Inslee mengaku bangga dapat berdiri dengan gubernur lain yang peduli terhadap lingkungan dan masa depan bumi.

"Sementara tindakan presiden (Trump) adalah teguran memalukan terhadap pekerjaan yang dibutuhkan untuk melindungi planet kita bagi anak-anak dan cucu-cucu kita, negara-negara bagian telah dan akan terus melangkah," ujar Inslee seperti dilaporkan laman The Independent, Jumat (2/6).

Gubernur New York Andrew Cuomo menyebut keputusan Trump sebagai tindakan sembrono. Ia menilai penarikan AS dari kesepakatan iklim akan memberikan dampak yang menghancurkan, tidak hanya untuk AS, tapi juga bumi. "Kami tidak akan mengabaikan sains dan realitas perubahan iklim," ujar Cuomo menanggapi keputusan Trump tersebut.

Gubernur California Jerry Brown mengatakan, komentar Trump sebelumnya tentang perubahan iklim merupakan tipuan. Dengan demikian, ia bersama gubernur lainnya akan bertindak. "Maka California dan negara bagian lainnya akan maju," ujarnya.

Ketiga gubernur tersebut akan membentuk Aliansi Iklim AS. Aliansi tersebut nantinya akan bertindak sebagai forum untuk memperkuat program iklim yang ada, mempromosikan pembagian informasi dan praktik terbaik, serta menciptakan program baru untuk mengurangi emisi karbon dari semua sektor ekonomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement