Sabtu 03 Jun 2017 09:01 WIB
Perjanjian Iklim Paris

Arnold Schwarzenegger Desak Trump Ubah Keputusan

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ani Nursalikah
Arnold Schwarzenegger
Foto: AP
Arnold Schwarzenegger

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Arnold Schwarzenegger meminta Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengubah keputusannya terkait perjanjian iklim Paris. Mantan Gubernur Kalifornia itu mendesak Trump melihat masa depan yang lebih baik berkenaan dengan perjanjian tersebut.

Aktor utama film Terminator itu menegaskan sebagai pejabat publik Trump seharusnya berpihak kepada masyarakat. Terlebih, dengan posisinya sebagai presiden yang bertanggung jawab melindungi mereka.

"Dan 200 ribu masyarakat meninggal setiap tahun karena polusi," kata Schwarzenegger seperti dilansir Telegraph, Jumat (3/6).

Salah satu poin yang digagas dalam perjanjian iklim Paris adalah pengurangan gas karbon serta polusi lainnya. Schwarzenegger mengatakan, keputusan yang dibuat Trump bakal berdampak pada kesehatan masyarakat dimasa depan.

Dia melanjutkan keputusan itu akan mengantarkan warga pada berbagai macam penyakit. Udara yang kotor dapat menyebabkan penyakit pernafasan hingga kanker.

Arnold mengungkapkan, saat ini setengah dari aliran sungai dan sumber air lainnya berbahaya bagi kesehatan. Menurutnya Trump tidak bisa berdiam diri dan tidak melakukan apa pun sementara warga banyak yang sekarat dan mati,

"Terlebih saat Anda tahu ada jalan lain. Dan itu lebih menakutkan, jadi tolonglah presiden pilih masa depan," kata Arnold.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement