Ahad 04 Jun 2017 00:15 WIB

PM Portugal: Pemimpin Dunia Wajib Pelihara Planet

Perdana Menteri Portugal Antonio Costa.
Foto: REUTERS/Pedro Nunes
Perdana Menteri Portugal Antonio Costa.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Para pemimpin dunia memiliki kewajiban memelihara planet ini buat generasi masa depan, kata Perdana Menteri Portugal Antonio Costa pada Jumat (2/6).

Perdana Menteri itu merujuk kepada keputusan Amerika Serikat untuk mundur dari Kesepakatan Paris, mengenai iklim. "Namun patut disayangkan banyak pemimpin dunia tidak mengetahui kewajiban utama mereka ialah memelihara planet ini buat generasi masa depan," kata Costa selama kunjungan ke satu sekolah di Santarem, sekitar 70 kilometer di sebelah utara Ibu Kota Portugal, Lisbon.

Keputusan Presiden AS Donald Trump pada Kamis untuk meninggalkan kesepakatan iklim telah mencuatkan kekhawatiran semua upaya memerangi pemanasan global akan jadi lemah. Trump telah menyatakan standar lingkungan hidup yang ditetapkan dalam kesepakatan tersebut akan merugikan pengusaha Amerika.

Kesepakatan Paris bagi aksi lingkungan hidup ditandatangani oleh 195 negara. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan ia sangat kecewa sementara Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Italia Paolo Gentiloni dan Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan dalam satu pernyataan bersama mereka menyesalkan keputusan itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement