Sabtu 17 Jun 2017 03:06 WIB

Muslim Sediakan Makan Malam untuk Korban Kebakaran di London

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ilham Tirta
Apartemen Grenfell Tower di London, Inggris, terbakar.
Foto: Reuters
Apartemen Grenfell Tower di London, Inggris, terbakar.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Puluhan taplak meja diletakkan di sepanjang jalan, dengan beragam jenis makanan dan minuman di atasnya. Makanan dan minuman itu disediakan oleh komunitas Muslim Kesington untuk korban kebakaran gedung apartemen Grenfell Tower di London.

Warga yang tinggal di sekitar apartemen itu diketahui banyak yang beragama Islam. Saat hendak berbuka puasa, mereka turut menyediakan air minum, roti, dan buah buahan, serta mengajak para korban untuk makan malam bersama. "Itulah sikap Muslim yang sebenarnya," ujar seorang pengguna Twitter, dikutip The Independent.

Komunitas Muslim yang tergabung dalam badan amal Islamic Relief ini juga mendonasikan pakaian dan makanan, serta melakukan penggalangan dana hingga berhasi mengumpulkan Rp 43 miliar. Kepala penggalangan dana Islamic Relief, Zia Salik, mengatakan, timnya dan sejumlah relawan telah bekerja siang dan malam untuk membantu korban.

"Ada keinginan besar dari komunitas Muslim untuk melakukan sesuatu," ungkap Salik.

Sebelumnya, banyak penghuni apartemen Grenfell Tower yang berhasil selamat dari kebakaran karena terbantu oleh umat Muslim yang sahur di bulan Ramadhan. Warga Muslim memperingatkan penghuni apartemen saat api mulai terlihat pada Rabu (14/6), dini hari.

"Muslim memainkan peran besar untuk membuat orang-orang keluar dari apartemen," ujar seorang saksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement