Ahad 18 Jun 2017 09:09 WIB

Kebakaran Hutan di Portugal Tewaskan 19 Orang

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Kebakaran Hutan
Foto: Antara/FB Anggoro
Ilustrasi Kebakaran Hutan

REPUBLIKA.CO.ID, PEDROGAO GRANDE – Sedikitnya 19 orang tewas dalam kebakaran hutan yang terjadi di Portugal tengah pada Sabtu (17/6) waktu setempat. Kebanyakan dari korban terjebak di mobil saat api dihembuskan oleh angin yang di luar kendali petugas pemadam kebakaran.

Jumlah korban tewas meningkat dan api berkecamuk di daerah pegunungan berhutan di Pedrogao Grande, sebelah selatan Coimbra. Pemerintah Portugal mengumumkan pada Sabtu malam, bahwa semua korban adalah berasal dari warga sipil.  Namun ada kekhawatiran untuk dua petugas pemadam kebakaran yang hilang, sementara empat rekannya yang terluka berada dalam kondisi serius di rumah sakit.

Sekretaris negara bagian Jorge Gomes mengatakan bahwa 16 korban tewas terbunuh saat mobil mereka dilalap api saat menyusuri jalan lokal. Sedangkan tiga korban tewas karena menghirup asapnya yang pekat. Sedangkan 21 orang dirawat karena luka-luka.

Kebakaran yang masih belum diketahui penyebabnya itu dimulai sekitar pukul 14.00 siang waktu setempat pada hari Sabtu. Beberapa jalan ditutup saat api tidak terkendali, yang sempat menghancurkan beberapa mesin pemadam kebakaran. Kemudian pada tengah malam lebih dari 500 petugas pemadam kebakaran diterjunkan untuk mengendalikan lalapan si jago merah tersebut.

“Ini adalah tragedi terbebsar dalam beberapa tahun terkahir,” kata Perdana Menteri Portugal Antonio Cestaa, seperti dikutip Telegraph, Ahad (18/6). “Kami harus mencari tahu apa yang terjadi.”

Sementara itu Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa memuji keberanian petugas pemadam kebakran negara tersebut. “Pria dan wanita ini pantas mendapat dukungan kami. Angin dan suhu tinggi membuat petugas kesulitan dalam mengendalikan api,” kata dia.

Banyak bagian Spanyol dan Portugal dilanda gelombang panas dalam beberapa hari ini suhu di Pedrogao Grande mencapai 38 derajat Celcius pada Sabtu dan diprediksi mencapai 40 derajat Celcius pada Ahad ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement