Senin 03 Jul 2017 18:57 WIB

Ibu 4 Anak Ini Sanggup Baca 117 Buku dalam 6 Bulan

Rep: Mark Rigby/ Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Berapa banyak buku yang bisa Anda baca dalam waktu enam bulan?

Entah bagaimana caranya, seorang ibu empat anak dan pekerja penuh waktu bernama Di Elson mempunyai waktu untuk membaca 117 buku selama 6 bulan pada tahun lalu -dan tadinya ia tak pernah bermaksud untuk membaca satupun dari ratusan buku itu.

Di Elson adalah satu dari tiga orang yang dipilih oleh Dewan Buku Anak-Anak Australia (CBCA) untuk mengkritik dan menilai buku-buku yang ditulis untuk para pembaca usia antara 7-13 tahun.

Tak seperti kebanyakan juri CBCA lainnya, Di Elson tak memiliki kualifikasi di bidang sastra secara formal yang membuatnya cocok untuk menjadi juri. "Saya juri yang agak tak biasa -mungkin itu cara terbaik untuk menggambarkannya," tawanya.

"Saya bukan pustakawan, saya bukan pemilik toko buku, dan saya bukan penulis yang menerbitkan buku. Tapi saya adalah orang tua dengan empat anak yang merupakan pembaca setia buku,” tutur Di Elson, baru-baru ini.

"Dan saya juga suka membaca, jadi bagi saya ini tentang pencarian literatur anak-anak yang baik," sambungnya.

Tujuh buku dalam suatu siang

Di Elson mengatakan, membaca halaman demi halaman 117 buku dalam enam bulan adalah semacam pengembaraan, terutama saat ia menyeimbangkan kehidupan keluarganya dengan tanggung jawab untuk menjadi juri. "Saya menyiapkan meja makan di rumah dan menempatkan tumpukan buku yang berserakan yang tak boleh pindahkan oleh siapa saja," katanya.

"Sempat ada kalanya saya berkata, ‘Maaf, kamu harus menjaga dirimu sendiri karena saya sedang membaca'," ungkap Di Elison.

Ia mengaku, alih-alih mengirim 117 buku dalam satu paket, CBCA mengirim sekitar 30 paket sekaligus. "Karena kami harus membalik setiap paket pada waktu tertentu, pada suatu Sabtu siang, saya duduk dan membaca tujuh buku. Pada akhirnya, Saya merasa cukup Lelah, buku-buku itu hampir mulai terlihat kabur," sebutnya.

 

Pemenang diumumkan bulan Agustus

Usaha membaca marathon yang dilakukan Di Elson selesai pada bulan Desember lalu. "Butuh sedikit waktu pasca Natal untuk mengambil dan membaca sebuah novel hanya untuk kesenangan semata," tawanya.

Tapi pada saat itu, perannya sebagai juri jauh dari selesai. Catatan tertulis, kesinambungan dan wawasan kritis yang diperolehnya saat membaca masih harus disusun menjadi sebuah laporan -satu laporan untuk setiap buku.

Meski sebagian besar pekerjaan itu telah selesai, Di Elson tak akan memberikan petunjuk apapun tentang buku mana yang akan diumumkan sebagai pemenang pada bulan Agustus.

Simak berita ini dalam Bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan: 14:00 WIB 03/07/2017 oleh Nurina Savitri.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement