Sabtu 08 Jul 2017 11:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Wafatnya Nabi Muhammad SAW di Pelukan Siti Aisyah

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto:
Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)

Dalam Perang Enam Hari antara Israel dan Palestina, pesawat tempur Israel menyerang kapal AS USS Liberty di perairan internasional di lepas pantai Jalur Gaza, pada 8 Juli 1967. Kapal intelijen yang memiliki persenjataan ringan ini, diserang terlebih dahulu oleh pesawat Israel yang melepaskan roket.

USS Liberty mencoba meminta bantuan melalui radio, namun pesawat Israel memblokir transmisi. Akhirnya, kapal tersebut dapat melakukan kontak dengan kapal induk Saratoga. Saratoga kemudian mengirim 12 jet tempur dan empat kapal tanker untuk membantu USS Liberty.

Namun Menteri Pertahanan AS Robert McNamara memerintahkan armada jet dan kapal tanker itu untuk kembali ke kapal induk Saratoga, tanpa alasan yang jelas. Mereka tidak pernah membantu USS Liberty.

Serangan Israel ke USS Liberty menewaskan 34 dan melukai 171 dari 294 awak kapal. Di bawah komando kaptennya yang terluka, William L. McGonagle, USS Liberty berhasil menghalau empat roket yang menyasarnya.

Dilansir dari History, pesawat tempur Israel juga melakukan pelanggaran hukum internasional karena menembaki empat sekoci yang dilepas kapal tersebut. Karena gagal menenggelamkan USS Liberty, pesawat Israel akhirnya berhenti melakukan serangan.

Israel kemudian meminta maaf atas serangan tersebut dan menawarkan ganti rugi sebesar 6,9 juta dolar AS. Israel mengatakan, mereka telah salah mengira USS Liberty dengan kapal perang Mesir.

Korban selamat dari USS Liberty dan beberapa mantan pejabat AS percaya serangan tersebut dilakukan secara sengaja. Serangan dilakukan untuk menutupi kegagalan Israel dalam menguasai Dataran Tinggi Golan di Suriah.

Selanjutnya: Sekutu Serang Suriah dan Lebanon dalam Perang Dunia II

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement