Selasa 11 Jul 2017 22:20 WIB

ISIS Pastikan Kematian Baghdadi

Abu Bakar al-Baghdadi
Abu Bakar al-Baghdadi

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- ISIS mengonfirmasi kematian pemimpinnya Abu Bakr Al-Baghdadi, berdasarkan laporan media daring.

Media Irak Al Sumaria News mengonfirmasi kematian Baghdadi dalam serangan udara di Provinsi Nineveh di pinggiran Mosul. Kelompok Observatorium Suriah untuk HAM juga mengonfirmasi laporan tersebut hari ini, dilansir dari Middle East Monitor, Selasa (11/7).

"Komandan tinggi ISIS yang berada di Provinsi Deir Az-Zour mengonfirmasi Abu Bakr Al-Baghdadi telah tewas," kata Direktur Observatorium Suriah untuk HAM Rami Abdel Rahman, dikutip dari Al Araby.

Dia mengatakan mengetahui informasi tersebut hari ini, tapi tidak tahu kapan Baghdadi tewas dan apa penyebabnya. Al Araby belum bisa secara independen mengonfirmasi informasi ini.

Pernyataan tersebut muncul hampir satu bulan setelah Rusia mengatakan jet tempurnya menewaskan pemimpin ISIS itu dalam seranagn udara Mei lalu. Rusia mengatakan Baghdadi kemungkinan tewas dalam serangan udara Rusia setelah pesawat tempur Su-34 dan Su-35 menyerang pertemuan dewan militer ISIS di Raqqa, Suriah pada 28 Mei.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement