Senin 17 Jul 2017 00:08 WIB

16 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus di Kashmir India

Kecelakaan bus yang mengakibatkan belasan korban tewas (ilustrasi)
Foto: AP PHOTO
Kecelakaan bus yang mengakibatkan belasan korban tewas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SRINAGAR -- Sedikitnya 16 peziarah Hindu tewas dan 27 lainnya terluka pada Ahad (16/7) setelah sebuah bus yang mereka tumpangi tergelincir di jalan pegunungan. "Bus itu jatuh ke sebuah ngarai di Kashmir India," kata seorang pejabat senior polisi.

Bus itu menuju Srinagar, ibu kota negara bagian, ketika membelok dari jalan pegunungan di Lembah Kashmir. Mohan Lal, kepala polisi senior, mengatakan polisi dan angkatan udara telah meluncurkan operasi pengungsian. "Sejauh ini telah menerbangkan 19 peziarah yang terluka, dengan beberapa orang di antaranya dalam kondisi kritis," kata Lal.

Dalam kicauannya di Twitter, Perdana Menteri Narendra Modi menyampaikan belasungkawa atas jatuhnya korban jiwa dalam kecelakaan itu. Ratusan ribu umat Hindu mengunjungi gua Amarnath jauh di pegunungan Himalaya pada Juli dan Agustus setiap tahunnya.

Pekan lalu tujuh peziarah Hindu, kebanyakan dari mereka adalah wanita, tewas dalam baku tembak yang meletus di Kashmir India. mmenyusul dua serangan militan terhadap polisi, yang memicu kemarahan dan protes di seluruh negeri.

Baik India maupun Pakistan mengklaim Kashmir secara penuh. Namun mengatur bagian-bagian yang terpisah, dan telah memperjuangkan wilayah itu dalam tiga perang sejak kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947, dua di antaranya berada di Kashmir.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement