Rabu 09 Aug 2017 08:38 WIB

Fenomena Pelangi Merah Muda Tertangkap Kamera di Inggris

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Pelangi merah muda yang tertangkap kamera di Bristol, Inggris
Foto: Standard.co.uk
Pelangi merah muda yang tertangkap kamera di Bristol, Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, BRISTOL -- Semburat pelangi tidak biasa berwarna dominan merah muda tampak di langit Inggris bagian barat, Selasa (8/8) waktu setempat. Untuk dapat melihat pelangi, rintik hujan harus berada di depan sang pelihat, sementara sinar matahari ada di belakang orang tersebut.

Fenomena alam yang cukup langka itu membuat puluhan warga berbondong-bondong mengabadikannya. Salah satu gambar indah yang dipublikasikan di media sosial menunjukkan lengkung pelangi dengan latar Pelabuhan Bristol.

"Pada hari yang basah ini kami berpikir akan menyenangkan untuk membagikan pelangi merah muda yang jarang terjadi di Bristol Harbourside," tulis akun prakiraan cuaca @CotswoldWeather yang membagikan foto di Instagram.

Menurut keterangan pemandu acara cuaca BBC Weather, Simon King, kondisi tersebut terjadi akibat dua hal yang berlangsung bersamaan. Pelangi biasa yang memang terlihat usai hujan reda ditambah momen matahari terbenam yang menambah kepekatan warna merah muda.

King menjelaskan, pelangi disebabkan oleh tetesan air di atmosfer yang memantulkan sinar matahari menjadi spektrum warna berbeda. Sedangkan, matahari terbenam yang bernuansa merah muda disebabkan peningkatan sinar matahari yang harus melewati atmosfer.

"Sudut sinar yang rendah di akhir hari membuat warna gelombang pendek seperti ungu, biru, dan hijau berkurang sehingga kita hanya melihat warna merah serta merah muda dan muncullah pelangi unik ini," kata King.

Pelangi merah muda dapat terlihat dari sejumlah wilayah, mulai dari Bristol sampai Taunton dan Yate. Kehadirannya menjadi pemanis hari setelah badai petir dan hujan lebat menyapu hampir seluruh Inggris, termasuk London dan Somerset, dilansir dari laman Standard.co.uk.

Sumber: http://www.standard.co.uk/news/uk/spectacular-pink-rainbow-spotted-over-west-of-england-a3606811.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement