Jumat 11 Aug 2017 05:15 WIB

Pria Malaysia Dikenai 600 Dakwaan karena Memerkosa Putrinya

Kasus pemerkosaan (ilustrasi)
Foto: wonderslist.com
Kasus pemerkosaan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR  -- Seorang warga Malaysia pada Kamis dikenai 600 dakwaan perkosaan dan sodomi terhadap putri remajanya. Skandal itu menggerakkan masyarakat untuk meminta perlindungan lebih luas bagi para wanita dan anak-anak perempuan.

Kasus tersebut muncul ketika Malaysia sedang berupaya menumpas pelecehan seksual terhadap anak-anak, termasuk dengan membentuk suatu pengadilan khusus untuk kasus-kasus pelecehan, serta hukuman yang lebih berat bagi pelaku pornografi anak-anak dan eksploitasi anak untuk tujuan seksual.

Reuters tahun lalu melaporkan, sebagian besar keluhan soal pelecehan seksual anak di Malaysia tidak mengarah menuju keberhasilan penjatuhan hukuman, terutama akibat kelemahan sistem peradilan kejahatan.

Pria Malaysia berusia 36 tahun itu dikenai 626 dakwaan sodomi, perkosaan, inses serta pelecehan-pelecehan seksual dalam bentuk lainnya terhadap putrinya yang berusia 15 tahun. "Rangkaian kejahatan itu terjadi selama lebih dari dua tahun setelah orang tua remaja tersebut bercerai pada 2015," kata jaksa Aimi Syazwani Sarmin kepada Thomson Reuters Foundaiton.

Media setempat mengatakan remaja itu mengungkapkan penderitaan hanya kepada ibunya.  Ibu sang remaja pada Juli melaporkan kasus itu kepada kepolisian, yang kemudian melakukan penangkapan.

Kasus kemudian dibawa ke pengadilan baru, yang ditujukan untuk mempercepat proses penyelesaian serta melindungi anak-anak secara lebih baik. Para pegiat mengatakan setiap hari rata-rata ada 10 perempuan di negara itu yang diperkosa, dan lebih dari setengah dari mereka berusia di bawah 16 tahun.

Pria Malaysia itu pertama kali disidangkan pada Rabu namun persidangan ditunda setelah para jaksa menghabiskan waktu berjam-jam menghitung tumpukan dokumen yang berisi rincian dakwaan terhadapnya

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement