Rabu 30 Aug 2017 03:40 WIB

Bendungan Air di Houston Meluap, Ribuan Warga Dievakuasi

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
Banjir (ilustrasi)
Foto: Reuters.
Banjir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON -- Sebanyak dua bendungan air utama di Houston meluap, Selasa (29/8). Hal ini terjadi di tengah curah hujan tinggi yang masih melanda kota tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Tekanan air di bendungan Addicks dan Barker saat ini tengah diupayakan untuk berkurang dengan dialirkan ke sungai utama di Houston Buffalo Bayou. Jingga saat ini, tingkat ketinggian air di bendungan Addicks masih melebihi 108 kaki atau 32,9 meter.

Curah hujan tinggi terjadi terjadi sebagai dampak dari badai badai ketagori empat, Harvey. Angin kencang mulai memasuki wilayah Texas, yang pertama kali menyerang Corpus Christi tiba pada Jumat (25/8) lalu, hingga akhirnya tiba di Houston pada Sabtu (26/8).

Hujan yang tak henti-hentinya mengguyur Houston telah menyebabkan banjir besar. Hingga saat ini ribuan orang meninggalkan rumah mereka dan dievakuasi ke tempat penampungan yang disediakan oleh Pemerintah AS.

Sementara, tim penyelamat masih dikerahkan untuk melakukan upaya penyelamatan warga yang diduga masih terjebak. Sedikitnya sembilan orang dilaporkan tewas akibat banjir besar yang terjadi di Houston. Salah satunya dilaporkan adalah seorang pria berusia 60 tahun yang nampaknya tenggelam saat mencoba menyelamtkan diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement