Jumat 01 Sep 2017 20:20 WIB

Cina Keluarkan Peringatan Siaga Biru Topan Mawar

Angin Topan (ilustrasi)
Foto: AP
Angin Topan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pusat Meteorologi Nasional Cina (NMC) Jumat (1/9) mengeluarkan peringatan siaga biru untuk Topan Mawar, Topan ini diperkirakan menerjang Provinsi Guangdong di Cina Selatan pada Ahad (3/9).

Cina memiliki sistem peringatan empat-tingkat dengan kode-warna. Untuk cuaca buruk, merah adalah yang paling serius, lalu diikuti oleh oranye, kuning dan biru.

Cina Keluarkan Peringatan Bahaya Topan Parkhar

Pada pukul 05.00 Jumat, mata Topan Mawar berada di atas Laut Cina Selatan, sekitar 590 kilometer di sebelah tenggara Shenzhen, Guangdong. Angin berkecepatan sampai 18 meeter per detik.

NMC memperkirakan bahwa Topan Mawar dapat tumbuh lebih kuat saat bergerak ke arah barat-laut dengan kecepatan sekitar 10 kilometer per jam ke arah bagian tengah Guangdong. Topan itu diperkirakan memasukan daratan di daerah pantai pada Ahad dengan kecepatan angin 38 meter per detik. Inti topan tersebut diperkirakan menjadi lemah dengan cepat setelah topan itu memasuki daratan.

Mulai Jumat sampai Sabtu, Topan Mawan diperkirakan membawa angin kencang ke sebagian perairan di dekat Fujian dan Taiwan, serta beberapa bagian Laut Cina Selatan. Sementara itu, beberapa bagian Guangdong dan Tawain diperkirakan menghadapi badai.

NMC menyarankan pemerintah setempat agar melakukan langkah pencegahan terhadap kemungkinan bencana, dan kapal di daerah yang terpengaruh disarankan kembali ke pelabuhan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement