Rabu 06 Sep 2017 15:15 WIB

Gunung Dekat Lokasi Uji Coba Bom Nuklir Korut Rawan Ambruk

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Lokasi uji coba nuklir Korea Utara
Foto: Youtube
Lokasi uji coba nuklir Korea Utara

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Para ahli di Cina mengkhawatirkan kondisi gunung yang terletak dekat lokasi uji coba bom nuklir Korea Utara (Korut). Gunung yang tepat berada di sebelah atas area bawah tanah tempat dilakukannya eksperimen itu terancam ambruk.

Korut diketahui mengadakan uji coba nuklir yang keenam di pangkalan Punggye-ri pada Ahad (3/9). Kekuatan ledakan bawah tanah yang dihasilkan diperkirakan sepuluh kali lebih kuat daripada kekuatan ledakan bom yang dahulu jatuh di Hiroshima.

Peneliti program senjata nuklir Cina Wang Naiyan mengatakan, satu tes lagi dengan kekuatan serupa berpotensi menyebabkan bagian atas gunung runtuh. Kejadian yang sangat tidak diharapkan itu bakal memicu menyebarnya gelombang radiasi beracun di seluruh wilayah tersebut.

"Jika bagian atas gunung ambruk dan membuat lubangnya terbuka, ia akan mengeluarkan banyak hal buruk," ujar mantan ketua Masyarakat Nuklir Cina itu kepada South China Morning Post.

Monitor AS mengukur gempa berkekuatan 6,3 skala Richter terasa pada titik lokasi pengujian Korut pada tes tersebut. Guncangannya terasa hingga di beberapa bagian negara Cina dan Rusia, ditambah gempa susulan yang mungkin disebabkan oleh gua batu runtuh, dilansir dari laman Daily Mail.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement