Ahad 08 Oct 2017 06:15 WIB

Sebanyak 10 Perusahaan Pindahkan Kantor Pusat dari Katalunya

 Ribuan massa pendukung kemerdekaan Katalunya turun ke jalan dalam aksi demonstrasi di pusat kota Barcelona.
Foto: AP/Felipe Dana
Ribuan massa pendukung kemerdekaan Katalunya turun ke jalan dalam aksi demonstrasi di pusat kota Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Sekitar 10 perusahaan telah memutuskan untuk memindahkan kantor pusat mereka dari katalunya ke wilayah-wilayah lain di Spanyol. Menyusul kekhawatiran soal pernyataan kemerdekaan secara sepihak oleh Katalunya, menurut laporan media, Sabtu (7/10). 

Setelah Katalan menggelar referendum pada pekan lalu soal kemerdekaan, sejumlah perusahaan memutuskan untuk memindahkan kantor pusat mereka dari wilayah di timur laut Spanyol itu. 

Pada Sabtu, perusahaan pengelola air SGAB mengumumkan bahwa kantor pusatnya pindah ke Madrid. Pada Jumat, perusahaan Gas Natural Fenosa mengumumkan keputusan yang sama, dengan menambahkan bahwa pemindahan itu bisa bersifat sementara mengingat ketidakpastian politik yang sedang bergulir di Katalunya.

Bank-bank seperti Banco Mediolanum telah memindahkan kantor pusatnya ke Madrid, koperasi Arqui ke Valencia, Caixabank ke Valencia dan Banc Sabadell ke Alicante. 

Fundacion La Caixa dan Criteria juga mengumumkan bahwa kantor pusat mereka pindah dari Catalunya ke Palma de Mallorca di Balearic Islands. 

Perusahaan-perusahaan lainnya mengambil keputusan yang sama untuk meninggalkan Katalunya, seperti Oryzon Genomics, Eurona, Proclinic, Arquia Banca, Service Point atau Dogi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement