Selasa 10 Oct 2017 07:37 WIB

Ditembak Taliban 5 Tahun Lalu, Kini Malala Sekolah di Oxford

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Malala Yousufzai
Foto: EPA
Malala Yousufzai

REPUBLIKA.CO.ID, OXFORD -- Malala Yousafzai menghadiri perkuliahan pertamanya di Universitas Oxford, lima tahun setelah ia ditembak di kepala oleh militan Pakistan. Aktivis pendidikan dunia ini mengunggah foto kelasnya di akun Twitter pribadinya.

"Lima tahun yang lalu, saya ditembak demi membungkam hak saya berbicara tentang pendidikan anak perempuan. Hari ini, saya menghadiri kuliah pertama saya di Oxford," tulis Malala, dikutip BBC.

Dalam beberapa menit, fotonya telah dibagikan lebih dari 10 ribu kali. Para pengikutnya di Twitter juga mengucapkan selamat dan menyampaikan harapan akan kesuksesannya di Oxford.

"Semua yang terbaik untukmu. Kamu adalah inspirasi yang luar biasa bagi setiap gadis," tulis salah satu pengguna Twitter.

"Selamat Malala, kamu berdiri sebagai mercusuar harapan untuk para perempuan dan kita semua di dunia ini. Nikmati universitas!," tulis yang lainnya.

Peraih Hadiah Nobel Perdamaian berusia 20 tahun itu menerima kesempatan belajar di Lady Margaret Hall pada Agustus lalu. Ia akan mempelajari filsafat, politik, dan ekonomi.

Malala ditembak dalam perjalanan pulang dari sekolah pada 2012. Saat itu ia menulis buku harian tanpa nama tentang kehidupan di bawah pemerintahan Taliban. Setelah pulih dari cedera yang hampir fatal, Malala dan keluarganya pindah ke Birmingham, Inggris.

Dia menjadi simbol yang dikenal secara internasional, yang mendorong perjuangan untuk meningkatkan pendidikan anak perempuan di seluruh dunia. Pada 2017, dia menjadi pembawa pesan perdamaian termuda yang pernah ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement