Kamis 12 Oct 2017 14:20 WIB

Sejarah Hari Ini: Bom Bali Tewaskan 202 Orang

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
bom bali
Foto: wikimedia
Kebakaran hutan/ilustrasi

Hari ini pada 1918, kebakaran hutan melanda Minnesota, Amerika Serikat. Bencana ini mengakibatkan ratusan orang tewas dan ribuan lainnya kehilangan tempat tinggal.

Minnesota memang dikenal sebagai daerah pusat industri kayu. Namun, aktivitas industri ini kerap meninggalkan sampah-sampah bekas serutan kayu di hutan yang sangat mudah terbakar.

Beberapa bulan menjelang Oktober 1918, cuaca di sana sangat terik dan kering. Titik api pun mulai menjalar pada 12 Oktober dan merembet dengan cepat ke daerah-daerah lainnya tertiup angin.

Di daerah Danau Moose, lebih dari 200 orang meninggal saat kebakaran hutan ini terjadi. Tak sedikit pula penduduk yang terjabak di tengah-tengah api saat ingin melarikan diri menggunakan mobil. Tercatat 15 kendaraan meledak dan menyebabkan 25 kematian.

Secara keseluruhan, 38 kota dan desa hancur akibat kebakaran tersebut. Jumlah korban tewas diperkirakan mencapai 453 orang dan 85 lainnya mengalami luka bakar serius. Kebakaran ini juga menghancurkan sedikitnya 4.000 rumah, 6.000 lumbung, dan 40 sekolah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement