Ahad 15 Oct 2017 22:42 WIB

Melongok MoU Iran dengan Asing yang Terancam Manuver Trump

Rep: Marniati/ Red: Joko Sadewo
Minyak Iran
Foto: presstv
Minyak Iran

REPUBLIKA.CO.ID, Iran telah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan asing sejak adanya keringanan sanksi internasional terhadap Teheran pada 2016. Keringanan diberikan setelah Iran sepakat untuk membatasi program nuklirnya.

Namun, ketegangan AS-Iran meningkat lagi setelah Presiden Donald Trump meluncurkan sebuah kebijakan AS, yang lebih konfrontatif terhadap Teheran. Termasuk sebuah pengumuman bahwa dia akan mengumumkan kesepakatan nuklir 2015 yang dicapai di bawah pendahulunya Barack Obama.

Trump akan memberikan waktu 60 hari di mana Kongres AS bisa menjatuhkan sanksi, yang dapat membatalkan kesepakatan tersebut.

Pengumuman Trump bisa meningkatkan perhatian di antara banyak perusahaan Asing yang berencana, atau mempertimbangkan untuk berinvestasi di ekonomi Iran.

Iran membutuhkan investasi asing untuk perbaikan dan peningkatan ladang minyak dan gas yang memburuk karena isolasi selama satu dekade. Iran juga membutuhkan teknologi baru untuk industri minyaknya.

Berikut adalah daftar kesepakatan dan nota kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani Iran selama setahun terakhir.

- Minyak dan Gas

*Pada bulan November 2016 Frances Total menjadi perusahaan minyak pertama yang menandatangani kesepakatan besar dengan Teheran sejak negara tersebut kembali masuk pasar perdagangan internasional, dan setuju untuk membantu mengembangkan lapangan gas terbesar di dunia, South Pars.

*Shell menandatangani kesepakatan sementara pada bulan Desember untuk mengembangkan ladang minyak dan gas Iran Azadegan Selatan, Yadavaran dan Kish. Namun Chief Executive Ben van Beurden mengatakan Shell tidak memiliki peluang investasi jangka pendek di Iran.

*Iran telah menunjuk 29 perusahaan yang berasal lebih dari 12 negara karena diizinkan mengajukan penawaran untuk proyek minyak dan gas dengan menggunakan model kontrak baru yang tidak terlalu ketat.

Perusahaan-perusahaan tersebut meliputi Shell, Total, Eni Italia, Petronas Malaysia dan Gazprom dan Lukoil dari Rusia, serta perusahaan dari Cina, Austria, Jepang dan negara lainnya.

Namun, tender pertama Iran sejak pencabutan sanksi untuk mengembangkan ladang minyak terbesarnya, Azadegan, telah ditunda beberapa kali karena alasan yang tidak disebutkan, dan diperkirakan tidak akan terjadi pada 2017.

*Zarubezhneft dari Rusia menandatangani sebuah MoU untuk studi kelayakan di dua lapangan gabungan di sebelah barat Iran.

* Aker Solutions Norwegia menandatangani sebuah MoU untuk memodernisasi industri minyak Iran.

* OMV Austria menandatangani sebuah MoU pada bulan Mei untuk proyek-proyek di wilayah Zagros di Iran barat dan lapangan Fars di selatan.

* Daewoo Engineering and Construction Korea Selatan (Daewoo E & C) menandatangani sebuah MoU untuk melaksanakan pembangunan kilang minyak di Bandar Jask di pantai selatan Iran.

* Saipem dari Italia menandatangani MoU untuk bekerja sama dalam proyek pipa, peningkatan kilang dan pengembangan lapangan gas Tous di provinsi timur laut Khorasan Razavi.

* Perusahaan minyak dan gas Norwegia DNO mengatakan ini adalah perusahaan energi barat kedua setelah Total yang menandatangani kesepakatan dengan Iran di mana ia setuju untuk mempelajari pengembangan ladang minyak Changuleh di Iran barat.

* Lukoil, produsen minyak terbesar kedua Rusia, berharap bisa mencapai keputusan untuk mengembangkan dua ladang minyak baru di Iran.

* Anak perusahaan eksplorasi minyak dan gas bumi BASF menandatangani sebuah MoU dengan Perusahaan Minyak Nasional Iran pada bulan April 2016. Pada bulan Februari tahun ini, pembicaraan masih dilakukan dengan Iran tentang kemungkinan investasi divisi minyak dan gas di dalam negeri namun tidak ada keputusan karena ketidakpastian status sanksi ekonomi.

- Penerbangan

* Iran telah menetapkan rencana untuk memperbarui armada dan berinvestasi di infrastruktur bandara untuk memenuhi harapan pertumbuhan tajam di pasar pascasanksi.

* Bendera pembawa IranAir telah memesan 100 pesawat dari Airbus dan menerima pengiriman tiga pesawat.

* Boeing memiliki kesepakatan untuk menjual 80 pesawat ke IranAir.

* Airbus dan Boeing telah menerima lisensi ekspor AS untuk menutupi sebagian dari kesepakatan tersebut, namun bankir mengatakan keraguan masih bergantung pada ketersediaan pembiayaan karena kekhawatiran akan sanksi lebih lanjut.

* Pembuat turboprop Eropa ATR, setengah dimiliki oleh Airbus dan Leonardo, menjual 20 pesawat ke IranAir, yang sejauh ini telah memiliki enam unit untuk melayani kota-kota regional.

* Aseman Airlines telah sepakat untuk membeli 30 jet Boeing 737 MAX di bisnis baru pertama Iran dengan pembuat rencana AS sejak Trump menjabat.

* Maskapai domestik Zagros Airlines menandatangani MoU pada bulan Juni untuk membeli 20 pesawat Airbus A320neo dan delapan pesawat A330neo.

* Privatisasi Iran Airtour menandatangani MoU pada bulan Juni untuk 45 Airbus A320neos.

- Sistem Perkereta-apian

* China National Machinery Import and Export Corporation, menandatangani kesepakatan 2,2 miliar euro atau 2,60 miliar dolar AS pada bulan Mei dengan MAPNA Iran untuk elektrifikasi jalur kereta api berkecepatan tinggi antara Teheran dan Masyhad.

Perusahaan kereta api negara Iran dan mitranya dari Italia, Ferrovie dello Stato (FS) menandatangani sebuah kesepakatan akhir senilai 1,2 miliar euro atau 1,37 miliar dolar AS pada bulan Juli untuk membangun jalur kereta api berkecepatan tinggi antara kota-kota Qom dan Arak.

* Pembuat kereta Prancis dan kelompok manufaktur Alstom menandatangani sebuah kesepakatan pada bulan Juli untuk usaha patungan yang akan membangun kereta rel metro dan pinggiran kota di Iran.

* Siemens Jerman menandatangani kontrak pada bulan Oktober 2016 untuk meningkatkan jaringan kereta api Iran. Siemens juga akan memasok komponen untuk 50 lokomotif diesel-listrik ke Iran.

- Otomotif

* Produsen mobil Prancis PSA dan Renault telah bergerak cepat untuk menandatangani kesepakatan produksi baru untuk meningkatkan kemitraan pra-sanksi mereka dengan Iran Khodro dan SAIPA.

PSA telah menandatangani kesepakatan produksi senilai 700 juta euro atau 768 juta dolar AS, sementara Renault telah mengumumkan investasi pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas produksinya menjadi 350 ribu kendaraan per tahun.

Dimulainya kembali penjualan resmi di Iran membantu penjualan PSA lebih dari tiga kali lipat untuk pengiriman Timur Tengah dan Afrika pada paruh pertama tahun ini.

* Volkswagen mengatakan pada bulan Juli mereka akan mulai mengekspor mobil kembali ke Iran setelah lebih dari 17 tahun.

Posisi Trump melawan Iran telah memperdalam kewaspadaan pembuat mobil Jerman dengan eksposur besar Amerika. BMW termasuk di antara mereka yang telah menahan ambisi Iran.

Namun, truk Mercedes-Benz Jerman menandatangani kontrak dengan Khodro Iran pada bulan September, meletakkan dasar untuk melanjutkan distribusi truknya di Iran.

- Perbankan

* Oberbank menandatangani kesepakatan dengan Iran pada bulan September, yang memungkinkannya untuk membiayai usaha baru di sana dan menjadikannya salah satu bank Eropa pertama yang melakukan kesepakatan tersebut sejak sanksi dikurangi.

Namun, bank-bank besar global sejauh ini belum yang melakukan bisnis dengan Iran, dengan alasan risiko melanggar sanksi AS yang sedang berlangsung. Di antaranya adalah HSBC, yang mengatakan bahwa pihaknya tidak berniat melakukan bisnis baru yang melibatkan Iran.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement