Selasa 17 Oct 2017 08:12 WIB

Trump Nyatakan Obamacare Telah Mati

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Esthi Maharani
Presiden Donald Trump
Foto: AP/Evan Vucci
Presiden Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Presiden AS Donald Trump menyatakan Obamacare, undang-undang kesehatan yang diresmikan mantan Presiden AS Barack Obama, telah mati dan hilang. Ia kemudian mendesak Partai Republik dan Demokrat di Kongres untuk merancang perbaikan layanan kesehatan jangka pendek.

"Itu (Obamacare) sudah mati. Sudah hilang. Sudah tidak ada lagi - Anda seharusnya tidak menyebutkannya, itu sudah tidak ada lagi. Saya pikir kita akan melakukan perbaikan jangka pendek dengan orang-orang Republik dan Demokrat," kata Trump, kepada wartawan di Gedung Putih.

Trump juga mengatakan, dia akan berusaha menurunkan harga resep obat, yang menurutnya sudah tidak terkendali. Namun dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Pekan lalu, presiden dari Partai Republik tersebut mengatakan dia akan menghentikan pembayaran subsidi federal Obamacare kepada perusahaan asuransi. Sebelumnya, pembayaran subsidi ini dirancang untuk membantu orang berpenghasilan rendah mendapatkan asuransi kesehatan.

Partai Demokrat dan beberapa anggota Partai Republik mengatakan, langkah Trump untuk menghentikan pembayaran subsidi akan merugikan orang-orang miskin dan kelas menengah, serta menyebabkan premi melambung.

Jaksa agung dari Partai Demokrat di 18 negara bagian dan juga Washington, D.C., telah mengajukan tuntutan hukum di pengadilan federal California pada Jumat (13/10) untuk membatalkan kebijakan Trump.

Selama kampanye presiden AS 2016, Trump bersumpah akan menyingkirkan Obamacare, yang secara formal dikenal sebagai Affordable Care Act. Namun rekan-rekan Partai Republiknya di Kongres tidak dapat mengeluarkan undang-undang untuk mengganti Obamacare dengan program perawatan kesehatan yang lebih terbatas.

Partai Republik telah menyatakan Obamacare tidak efektif. Namun Partai Demokrat membela undang-undang tersebut, dengan mengatakan Obamacare telah memperpanjang asuransi kesehatan kepada jutaan orang Amerika.

Trump menuturkan, tujuannya adalah untuk membuat perawatan kesehatan yang lebih terjangkau dengan mendorong program perbaikan layanan jangka pendek bipartisan. Perbaikan ini akan diikuti oleh program jangka panjang dari Partai Republik. Belum jelas apakah Kongres yang dikuasai Partai Republik akan setuju untuk membantu mendukung Obamacare dan mengembalikan pembayaran subsidinya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement