Rabu 25 Oct 2017 10:33 WIB

Maskapai Bersiap Laksanakan Aturan Baru Penerbangan ke AS

Maskapai Jerman Lufthansa
Foto: Reuters/Lisi Niesner
Maskapai Jerman Lufthansa

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Beberapa aturan baru pada seluruh penerbangan menuju Amerika Serikat akan mulai diberlakukan pada Kamis (26/10), kata sejumlah maskapai, Selasa (24/10).

Aturan baru itu akan termasuk pengetatan pemeriksaan terhadap penumpang guna mematuhi langkah keamanan pemerintah yang dirancang menghindarkan perluasan larangan membawa komputer jinjing ke dalam kabin pesawat. Selain itu, penumpang juga akan diwawancara singkat untuk memastikan keamanan.

Perusahaan-perusahaan yang dihubungi Reuters mengatakan langkah-langkah baru itu akan mulai berlaku pada Kamis pekan ini. Penerapan aturan baru akan dialami oleh 325 ribu penumpang pesawat pada sekitar 2.000 penerbangan komersil yang tiba setiap harinya di Amerika Serikat, yang menggunakan 180 perusahaan penerbangan dari 280 bandar udara di 105 negara.

Kelompok perdagangan industri Airlines for America mengatakan perubahan baru itu kemungkinan akan menyebabkan gangguan.

AS mengumumkan peraturan baru tersebut pada Juni dalam upaya menghapuskan ketetapan pemerintah berupa larangan bagi penumpang membawa peralatan elektronik ke pesawat yang terbang dari 10 bandar udara di delapan negara kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Larangan dikeluarkan sebagai tanggapan atas ancaman keamanan, yang tidak disebutkan dengan jelas.

11 Negara Kini Masuk dalam Larangan Perjalanan Baru Trump

Pembatasan tersebut dicabut pada Juli namun pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengatakan mungkin menerapkan lagi langkah tersebut berdasarkan kasus per kasus jika para maskapai penerbangan dan bandar udara tidak meningkatkan pengamanan.

Para pejabat Eropa dan AS pada saat itu mengatakan kepada Reuters perusahaan-perusahaan penerbangan diberi waktu 120 hari untuk melaksanakan aturan baru, termasuk meningkatkan pemeriksaan terhadap penumpang. Kamis pekan ini merupakan tenggat 120 hari yang ditetapkan.

Lufthansa Group mengatakan, Selasa, aturan itu mulai dikenakan pada Kamis dan para penumpang kemungkinan akan menjalani wawancara singkat pada saat melaporkan diri atau tiba di ruang tunggu keberangkatan pesawat. Para penumpang kelas ekonomi Lufthansa di Swiss telah diminta melapor setidaknya 90 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Cathay Pacific Airways Ltd mengatakan akan menangguhkan pelaporan diri penumpang di dalam kota serta layanan penyerahan barang bagi para penumpang yang memesan tiket penerbangan langsung menuju Amerika Serikat. Maskapai penerbangan itu mengatakan para penumpang juga akan menjalani wawancara singkat dan telah menganjurkan mereka agar sudah tiba di bandara tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement