Senin 30 Oct 2017 17:42 WIB

Saudi akan Izinkan Wanita Saksikan Olahraga di Stadion

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Para wanita Arab Saudi (ilustrasi)
Foto: clickrally.com
Para wanita Arab Saudi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi untuk pertama kalinya akan mengizinkan kaum wanita menyaksikan pertandingan olahraga di tiga stadion terpilih mulai awal 2018. Belum lama ini,  Kerajaan Arab Saudi juga telah mengumumkan tentang diizinkannya kaum wanita untuk mengendarai mobil.

Otoritas Olahraga Umum Arab Saudi mengatakan, pihaknya telah memilih stadion-stadion yang akan memperkenankan kehadiran kaum wanita untuk menyaksikan pertandingan olahraga.

"Stadion di Jeddah, Dammam, dan Riyadh sedang bersiap untuk menampung keluarga pada awal 2018," katanya dalam sebuah pernyataan, Ahad (29/10).

Bulan lalu, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz telah mencabut larangan mengemudi untuk kaum wanita. Dalam surat keputusan pencabutan larangan tersebut, wanita diperkenankan mengemudi asalkan sesuai dengan prinsip Islam.

Komite tingkat tinggi Arab Saudi kini sedang menyusun undang-undang untuk mengatur penerapan keputusan Raja Salman tersebut. Rencananya, mulai Juni 2018 kaum wanita di Arab Saudi mulai diizinkan untuk mengendarai mobil.

Pengumuman tentang diizinkannya wanita untuk berkendara dan menyaksikan pertandingan olahraga membawa angin segar bagi isu kebebasan wanita di Arab Saudi.

Hal ini dilaporkan merupakan bentuk reformasi yang dicanangkan oleh Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman untuk membuka gaya hidup keluarga di Saudi, yang selama ini dianggap konservatif dan membatasi peran wanita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement