Kamis 09 Nov 2017 01:17 WIB

AS Minta Dunia Tuntut Iran Atas Serangan Rudal ke Saudi

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Budi Raharjo
Milisi Houthi
Foto: AP Photo
Milisi Houthi

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK -- Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikkki Haley meminta Iran bertanggung jawab atas serangan rudal Houthi ke Riyadh, Arab Saudi, pada akhir pekan lalu. Halley mengklaim bahwa selama ini Iran telah memasok persenjataan dan rudal kepada milisi Houthi Yaman.

Rudal yang ditembakkan Houthi pada akhir pekan lalu, kata dia, kemungkinan termasuk rudal pemberian Iran. "Dengan menyediakan jenis senjata ini ke milisi Houthi di Yaman, Korps Garda Revolusi Iran telah melanggar dua resolusi PBB secara bersamaan," ujar Halley, dikutip laman Al Araby, Rabu (8/11).

Ia mendesak dunia internasional untuk turut menuntut pertanggungjawaban Iran. "Kami mendorong PBB dan mitra internasional untuk mengambil tindakan yang diperlukan guna meminta pertanggungjawaban Iran atas pelanggaran-pelanggaran ini," kata Haley.

Pada akhir pekan lalu, Houthi meluncurkan rudal yang mengincar Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh. Namun sebelum mencapai target, Arab Saudi berhasil menghalau dan menjatuhkan rudal tersebut.

Buntut dari serangan rudal itu adalah dikecamnya Iran. Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menuding Iran melakukan sebuah tindakan agresi militer secara langsung terhadap Saudi, yakni dengan memasok rudal kepada Yaman.

Namun Iran membantah bahwa mereka mendukung dan menyokong milisi Houthi. Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarid juga mengatakan bahwa Arab Saudi telah bertindak provokatif dengan menyampaikan tuduhan tak berdasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement