Jumat 10 Nov 2017 01:58 WIB

Bahas Muslim Rohingya, Justin Trudeau akan Bertemu Suu Kyi

Rohingya
Foto: AsiaNews
Rohingya

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi pada hari Jumat (10/11) di sela-sela perhelatan KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik di Vietnam.

Dilansir laman The Globe and Mail, Kamis (9/11), ini akan menjadi pertemuan pertama mereka sejak kekerasan yang dilakukan oleh pasukan keamanan Myanmar dimulai pada akhir Agustus dan telah memaksa 900 ribu Muslim Rohingya ke pengasingan di negara tetangga Bangladesh.

Pejabat Kanada, yang telah berbicara mengenai kondisi anonimitas, mengatakan bahwa Pemerintah Kanada enggan untuk secara terang-terangan menyalahkan Suu Kyi atas kekerasan terhadap umat Islam di negaranya karena mereka yakin militer Myanmar menggunakannya untuk meruntuhkan reputasi globalnya.

Sebelum pertemuannya dengan Suu Kyi, Trudeau menggelar pertemuan dengan Bob Rae, utusan khusus Kanada untuk krisis Rohingya. Keduanya akan membicarakan soal temuan Rae di Myanmar.

Rae juga diperkirakan akan menggunakan forum KTT APEC beranggotakan 21 orang untuk bertemu dengan pemain regional lainnya untuk mendorong solusi terkoordinasi terhadap krisis tersebut.

Trudeau mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan Suu Kyi pada bulan September dan juga menulis surat kepadanya untuk menjelaskan apa yang harus dia dan pemerintah Myanmar lakukan untuk 'melindungi orang yang tidak bersalah' dan bertindak sesuai dengan harapan Kanada dan dunia.

Suu Kyi adalah warga negara Kanada kehormatan. Pemerintah Kanada mendapat tekanan untuk mencabut kewarganegaraan kehormatan yang dimiliki Suu Kyi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement