Selasa 14 Nov 2017 19:42 WIB

Dubes Inggris Kunjungi Papua, Ini yang Dibahas

Duta Besar Inggris Untuk Indonesia Moazzam Malik
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Duta Besar Inggris Untuk Indonesia Moazzam Malik

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Duta Besar Inggris Moazzam Malik dijadwal mengunjungi Papua dan Papua Barat untuk menindaklanjuti sejumlah kerja sama antara pemerintah Inggris dan Indonesia di daerah tersebut.

Berdasarkan siaran pers, Selasa (14/11), disebutkan kegiatan ini sebagai bagian dari kunjungan yang dilakukannya secara reguler ke sejumlah provinsi di Indonesia.

Di Papua Barat, Moazzam akan berkunjung ke Sorong dan Manokwari. Di Papua kunjungan dilakukan di Jayapura. Selama di dua provinsi paling timur ini ia akan bertemu dengan para mitra serta pemangku kepentingan di tingkat daerah dan provinsi, pelaku bisnis, masyarakat dan akademisi.

Moazzam Malik pada siaran pers tersebut mengaku senang bisa kembali berkunjung ke Papua. "Ini adalah kunjungan saya yang ketiga semenjak menjabat sebagai Duta Besar. Tujuan saya kesini adalah untuk berdiskusi tentang isu-isu yang menjadi kepentingan bersama termasuk perubahan iklim, pendidikan dan pembangunan," kata Moazzam.

Ia juga mengaku tertarik untuk kembali berkunjung ke Universitas Papua (Unipa) Manokwari dan mendorong para mahasiswa Papua untuk mempertimbangkan sekolah ke Inggris, termasuk melalui skema beasiswa Inggris Chevening.

"Inggris mendukung penuh integritas wilayah serta kedaulatan NKRI. Kami memandang Papua sebagai bagian penting dari Indonesia. Kami juga mendukung upaya-upaya pemerintah Indonesia dan masyarakat madani dalam mengatasi tantangan-tantangan di Papua dan berharap provinsi ini bisa menikmati stabilitas, perdamaian dan kesejahteraan, seperti provinsi-provinsi lainnya di Indonesia," katanya.

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa yang didanai oleh pemerintah Inggris bersama dengan para mitra organisasi. Indonesia adalah negara penerima beasiswa Chevening terbesar keempat di dunia. Sebanyak 80 beasiswa Chevening telah disediakan buat Indonesia untuk tahun ajaran 2018-2019.

Kantor Kedutaan pemerintah Inggris di Indonesia terus mendorong para mahasiswa Papua terbaik dan memiliki bakat kepemimpinan yang handal, untuk belajar di Inggris melalui skema beasiswa Chevening dan LPDP agar Papua bisa mencapai potensinya secara maksimal. Kunjungan duta besar inggris di Papua dan Papua Barat akan dilaksanakan pada Kamis 16 November 2017.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement