Senin 20 Nov 2017 20:30 WIB

Jejak Waktu: Stasiun Luar Angkasa Internasional Meluncur

Rep: rizkiyan adiyudha/ Red: Budi Raharjo
Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station)
Foto: Dailymail.co.uk
Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- 20 November menjadi hari di mana Stasiun Luar Angkasa Internasional perdana meluncur. Diusung dengan nama Zarya atau yang dalam bahasa Indonesia berarti fajar ini diluncurkan di Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan yang dikelola pemerintah Rusia saat ini.

Zarya juga dikenal sebagai Cargo Blok Fungsional atau FGB yang merupakan modul pertama dari Stasiun Luar Angkasa Internasional. FGB menyediakan daya listrik, penyimpanan, penggerak, dan bimbingan ke ISS selama tahap awal perakitan.

Dengan peluncuran dan perakitan di orbit modul lain dengan fungsi yang lebih khusus, Zarya sekarang terutama digunakan untuk penyimpanan, baik di dalam bagian bertekanan dan di tangki bahan bakar eksternal yang terpasang.

Zarya adalah keturunan dari pesawat ruang angkasa TKS yang dirancang untuk program Salyut Rusia. Nama Zarya diberikan kepada FGB karena menandai awal era baru kerjasama internasional dalam ruang angkasa. Meskipun dibangun oleh perusahaan Rusia, tetapi dimiliki oleh Amerika Serikat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement