Selasa 19 Dec 2017 14:28 WIB

Netanyahu Ucapkan Terima Kasih Atas Veto AS

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Israel's Prime Minister Benjamin Netanyahu attends the weekly cabinet meeting in Jerusalem October 26, 2014.
Foto: Reuters/Abir Sultan/Pool
Israel's Prime Minister Benjamin Netanyahu attends the weekly cabinet meeting in Jerusalem October 26, 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley karena telah memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengecam pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Ucapan ini disampaikan Netanyahu dalam sebuah video yang dirilis di akun Twitter pribadinya.

"Terima kasih, Duta Besar Haley. Pada hari libur Yahudi Hanukkah, Anda berbicara seperti Maccabi," kata Netanyahu, menyamakan Haley dengan anggota komunitas Yahudi yang diyakini telah memberontak melawan orang Romawi.

 

"Anda menyalakan lilin kebenaran. Anda menghilangkan kegelapan. Satu mengalahkan banyak orang. Kebenaran mengalahkan kebohongan. Terima kasih, Presiden Trump. Terima kasih, Nikki Haley," ujar Netanyahu, dikutip Anadolu.

 

AS memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang menolak pembentukan fasilitas diplomatik AS di Kota Yerusalem yang diperebutkan. Sebanyak 14 anggota Dewan Keamanan lainnya menyetujui resolusi yang digagas Mesir tersebut.

 

Langkah ini dilakukan kurang dari dua pekan setelah Washington secara resmi mengakui kota suci tersebut sebagai ibu kota Israel. AS juga akan memulai proses memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv.

 

Baca Juga: Negara Arab Kecam Veto Amerika

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement