Rabu 24 Jan 2018 21:49 WIB

Houthi Disebut Curi Paket Bantuan di Panti Asuhan Yaman

Rekaman video menunjukkan aksi penjarahan bantuan pangan.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Gerilyawan Houthi (ilustrasi)
Foto: EPA/Yahya Arhab
Gerilyawan Houthi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SANAA -- Milisi Houthi dilaporkan mencuri paket bantuan di sebuah panti asuhan di wilayah al-Mahwit di utara Yaman, pada Rabu (24/1).  Mereka melakukan perampokan untuk mengambil bantuan yang telah diberikan oleh organisasi bantuan internasional itu.

Pusat media Mahwit menyiarkan rekaman video yang menunjukkan aksi perampokan tersebut. Sejumlah milisi Houthi terlihat mengosongkan gudang bantuan di panti asuhan itu dan mengangkutnya ke mobil mereka.

Rekaman tersebut juga menunjukkan para milisi itu menendang beberapa warga yang sedang menunggu untuk mendapatkan paket bantuan. Saksi mata mengatakan, milisi Houthi telah mencuri 150 paket bantuan makanan dari Organisasi Pangan Dunia.

Baca juga, Presiden Yaman Ajak Seluruh Warga Perangi Houthi.

Para milisi juga memaksa orang-orang untuk keluar dari panti asuhan dan mencuri 1500 selimut serta 300 kasur. Mereka datang dalam tiga kelompok bersenjata yang dipimpin oleh pengawas Houthi di Taweelah, yang bernama Abdullah, dan seorang pejabat milisi lainnya yang bernama Samir Mahdi.

Dilansir di media Saudi, al-Arabiya,  milisi Houthi dikabarkan akan mengubah panti asuhan itu untuk menjadi kamp pelatihan militer dan tempat tinggal bagi milisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement