Selasa 30 Jan 2018 16:15 WIB

Direktur CIA: Rusia akan Targetkan Pemilu Sela AS

Pompeo menilai ancaman Rusia tak akan pernah hilang.

Direktur baru CIA Mike Pompeo.
Foto: AP Photo/Manuel Balce Ceneta
Direktur baru CIA Mike Pompeo.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Direktur CIA Mike Pompeo memperkirakan Rusia akan menargetkan pemilihan paruh waktu Amerika Serikat (AS) yang akan digelar pada akhir tahun ini.  Langkah itu dinilai bagian upaya Kremlin untuk mempengaruhi politik domestik di seluruh dunia Barat.

Dia mengatakan, ancaman dari Rusia tidak akan pernah hilang. "Apakah Rusia akan mencoba mempengaruhi pemilihan paruh waktu pada akhir tahun ini? Tentu saja, perkiraansaya bahwa mereka akan terus mencoba dan melakukan itu," ujarnya.

"Tapi saya yakin bahwa AS akan bisa memiliki pemilihan yang bebas dan adil. Bahwa kami akan mendorong kembali dengan cara yang cukup kuat sehingga dampak yang mereka hadapi dalam pemilihan kita tidak akan menjadi besar."

 

photo
Vladimir Putin

 

Baca juga,  AS Rilis Daftar Politikus Rusia Terkait Intervensi Pemilu.

 

AS juga telah merilis daftar nama dari 114 politikus dan 96 orang kaya Rusia yang memiliki peran penting selama masa pemerintahan Presiden Vladimir Putin. Daftar ini merupakan permintaan Kongres untuk menghukum Rusia yang telah melakukan intervensi terhadap pemilu presiden AS 2016.

Pompeo mengatakan, Cina berusaha mencuri informasi AS. Dalam sebuah wawancara dengan BBC, Pompeo juga mengatakan, Korea Utara (Korut) mungkin akan mampu menyerang AS dengan rudal nuklirnya dalam beberapa bulan ke depan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement